nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BPS Adakan Survei Kepuasan Jamaah Haji Indonesia 2018

Widi Agustian, Jurnalis · Kamis 26 Juli 2018 14:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 26 453 1927677 bps-adakan-survei-kepuasan-jamaah-haji-indonesia-2018-b4pOTzCV0G.jpeg Foto Istimewa

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) bekerja sama Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengukur tingkat kepuasan jamaah haji terhadap layanan yang diberikan pemerintah, dengan mengadakan Survei Kepuasan Jamaah Haji Indonesia (SKJHI) Tahun 2018.

Selain itu, survei ini juga bertujuan untuk memperoleh data dan informasi terkait pelayanan yang diperoleh jamaah selama melaksanakan ibadah haji.

Menurut Petugas BPS, Edi Prawoto ada tujuh pelayanan yang akan dinilai. Yakni pelayanan petugas haji, ibadah, transportasi bus, akomodasi (hotel/tenda), katering, kesehatan dan pelayanan lain-lain.

“Tidak seluruh jamaah akan menjadi responden survei ini, total sebanyak 14.400 jemaah yang akan diambil survei mewakili 221 ribu jemaah haji kita,” kata Edi saat ditemui di Kantor Daker Makkah, Makkah, Rabu (25/07) siang waktu Saudi.

HAJI

Ia menambahkan, sampel tersebut diambil dari seluruh populasi jemaah haji Indonesia dengan teknik probability sampling.

“Penggunaan teknik ini bertujuan agar data yang dihasilkan dapat merepresentasikan seluruh jemaah haji dan bukan sekadar studi kasus saja,” sambungnya.

Alur survei yang dilakukan sebagai berikut: Pertama, jamaah haji dari regu terpilih akan menerima kuosioner dari ketua regu masing-masing; kedua, kuesioner diisi sesuai petunjuk yang ada; ketiga, kuosioner yang telah diisi lengkap dikembalikan kepada ketua regu; dan keempat, ketua regu memasukkan kuosioner yang telah diisi ke dalam amplop besar. Lalu kelima, ketua regu menyerahkan dokumen hasil pengisian kepada ketua kloter, dan terakhir keenam, ketua kloter menyerahkan ke petugas di sektor.

HAJI

Sebelumnya diberitakan, Kemenag menargetkan kenaikan target perolehan indeks kepuasaan jamaah.

“Pada tahun ini kita menargetkan indeks kepuasan jamaah capai 85 persen,” ungkap Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Nizar beberapa waktu lalu saat pelatihan petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

Menurut Nizar, indeks kepuasan jemaah terus meningkat tiap tahun. Tahun 2014 misalnya mencapai 81,52 persen, setahun berikutnya 82,67. “Sementara 2016 capai 83,83 persen dan pada 2017 capai 84,85 persen,” rinci Nizar Ali.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini