Seluruh Sopir Pengangkut Jamaah Haji Akan Dites Narkoba

Amril Amarullah, Jurnalis · Rabu 25 Juli 2018 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 25 398 1926907 seluruh-sopir-pengangkut-jamaah-haji-akan-dites-narkoba-USXWN9jTUV.jpg Bus yang akan membawa jamaah haji Madinah ke Makaah. Foto: Okezone/Amril

MADINAH - Kepala Bidang Transportasi PPIH Arab Saudi, Subhan Cholid memastikan kesiapan bus pengangkut jamaah Indonesia dari Madinah ke Makkah sudah 95 persen, termasuk pengemudinya.

Sebanyak 1400 bus "Dallah Hajjtransport" sudah siap beroperasi mengangkut 18 kloter jamaah pada 26 Juli, sejak pukul 06.00 waktu Arab Saudi. Dari jumlah tersebut, akan dibagi menjadi tiga kelompok dan masing-masing akan diberangkatkan sebanyak 168 armada. "Pastinya, kebarangkatan dimulai dari pagi hari hingga sore hari," ujar Subhan Cholid, Selasa (24/7/2018).

Foto/Okezone 

Sementara untuk mekanisme pengangkutan jamaah yakni, delapan jam seluruh pengemudi sudah siap di pull bus buatan perusahaan asal China itu, kemudian lima jam sebelumnya pihak organda Arab Saudi akan melakukan pemeriksaan kesehatan, termasuk tes narkoba ke seluruh driver.

"Pemeriksaan sopir dilakukan tim dari mereka (Arab Saudi), tujuannya menghindari penggunaan narkoba, karena kalo terbukti akan kita kembalikan," ujar Subhan.

Foto/Okezone 

Baru setelah dinyatakan sehat dan bebas narkoba, para sopir diizinkan untuk antar jamaah. Sopir yang disiapkan pihak perusahaan hampir seluruhnya adalah warga setempat, sehingga memudahkan memahami rute perjalanan.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini