nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mencicipi Rumah Makan Indonesia di Madinah, Mulai Sayur Asem hingga Bakso

Amril Amarullah, Jurnalis · Selasa 24 Juli 2018 20:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 24 398 1926844 mencicipi-rumah-makan-indonesia-di-madinah-mulai-sayur-asem-hingga-bakso-hc0oNAWrtZ.jpg Restoran Makanan Indonesia (foto: Amril/Okezone)

MADINAH - Indonesia menjadi salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dengan jumlah itu, banyak negara yang menjadikan Indonesia sebagai pasar potensial perdagangan dunia.

Contohnya, ketika berjalan-jalan di Kota Madinah, ada satu lokasi tidak jauh jaraknya dari Masjid Nabawi terdapat restoran yang menyajikan makanan nusantara.

Jika selesai melaksanakan ibadah di Masjid Nabawi dan keluar melalui pintu gerbang 16, setelah berjalan kaki sekitar 5 menit, terihat jelas sebuah tulisan berbahasa Indonesia yang menunjukkan letak “Rumah Makan Indonesia”.

Suasana seperti di tanah air sudah mulai terasa saat kita memasuki rumah makan yang berdiri sejak 8 tahun lalu itu, karena para pelayan akan menyapa ramah dengan menggunakan bahasa Indonesia

Restoran ini selalu ramai dikunjungi jamaah Indonesia ketika musim haji tiba. Ini tentu menguntungkan bagi jamaah haji Indonesia, karena mereka tidak perlu khawatir jika rindu makanan Indonesia.

 makkah

Makanannya pun lengkap mulai dari rendang, ikan teri, sop ayam, sayur asem, tempe orek, mie ayam hingga bakso tersedia. Soal rasa itu selera, tapi setidaknya mendekati lidah orang Indonesia pada umumnya.

Sofian, sang pemilik mengaku sudah delapan tahun menggeluti usaha warung makan khas nusantara tersebut. Menurutnya, bakso hingga soto merupakan makanan yang paling banyak dicari orang Indonesia yang singgah di restoran yang buka sejak usai subuh hingga pukul 03.00 dini hari.

Soal harga pun tidak terlalu mahal, cukup rogoh kocek 10-20 riyal, jamaah sudah bisa menikmati semangkuk bakso atau seporsi nasi lengkap dengan sayur dan lauk khas Indonesia.

Padahal, katering yang disediakan petugas haji sudah bercitarasa Indonesia, namun sejumlah jamaah tetap penasaran mencari alternatif lain.

 makkah

Keberadaan restoran ini ternyata juga sudah diketahui banyak warga Indonesia, khususnya bagi mereka yang sering bertugas ke Arab Saudi, seperti para pramugari cantik bernama Fania mengaku tempat ini langganannya ketika bertugas di tanah suci.

Bukan hanya Fania, pasangan suami istri yang merupakan jamaah asal Banten mengaku sempat tersasar penasaran ingin makan masakan di restoran itu.

"Saya sempat muter-muter cari alamatnya, akhirnya ketemu juga dan ternyata memang rasanya tidak jauh beda dengan yang ada di Indonesia. Lumayan lah," ujarnya sambil menyantap makanan ikan teri kacang dan sayur sop ayam.

Tentu saja dengan keberadaan kuliner khas nusantara ini, menambah kasanah kekayaan Indonesia yang tidak kalah dengan negara lain. Buktinya bukan hanya orang Indonesia, tampak jamah asal Malaysia, Bangladesh dan China ikut merasakan masakan khas Indonesia ini.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini