alexametrics

Jamaah Haji Wajib Vaksin Meningitis dan Flu, Menjaminkah Mereka Sehat Selama di Tanah Suci?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at, 20 Juli 2018 - 12:05 wib
(Vaksin untuk Calon Jemaah Haji (Foto: Okezone))

BUKAN rahasia umum jika di tanah suci banyak masalah kesehatan yang mesti diperhatikan. Ini terjadi karena berkumpulnya manusia dari berbagai penjuru dunia dan Anda tidak bisa memastikan dia sehat. Maka dari itu, pemerintah setiap negara melakukan vaksinasi sebelum jamaah bertolak di tanah suci. Vaksinasi yang biasanya diberikan adalah meningitis dan flu.

Ya, penyakit meningitis menjadi ancaman serius semua jamaah haji. Penyakit ini disebabkan bakteri Neisseria meningitidis. Penyakit ini dapat ditularkan ke antarmanusia melalui droplet dan air liur dengan masa inkubasi penyakit 3-4 hari. Perlu ditegaskan, penyakit ini mematikan!.

Baca Juga :

Selain meningitis, penyakit menular lainnya yang perlu diperhatikan adalah influenza. Berbeda dengan batuk-pilek biasa (selesma), penyakit influenza biasanya disertai juga dengan gejala yang lebih berat dan hanya disebabkan oleh virus influenza.

Nah, dua masalah ini yang cukup sering menjadi masalah di tanah suci. Alhasil, jamaah haji diharapkan sebelum terbang ke tanah suci, sudah mendapatkan tembok terkuat untuk melawan virus penyebab masalah tersebut. Tapi, pertanyaan muncul, "Apakah benar-benar ampuh vaksin yang telah disuntikkan itu membentengi tubuh?"

Menjawab pertanyaan tersebut, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD menuturkan bahwa prinsipnya adalah setiap jamaah memang akan diberikan kedua vaksin tersebut.

Tapi, masing-masing kekebalan tubuh berbeda. "Saya bisa bilang di sini, untuk vaksin meningitis, angka keberhasilannya cukup tinggi," paparnya pada Okezone melalui sambungan telepon, Jumat (20/7/2018).

Dr Ari melanjutkan, tapi untuk influenza, ada kemungkinan jamaah tetap saja flu. Ini bisa terjadi karena benteng tubuh jamaah tidak terlindungi dari virus flu lain yang tidak "dicover" vaksin influenza.

Penyebab jamaah tetap bisa terserang flu (demam batuk pilek) biasanya karena alergi atau tertular jamaah lain yang juga sedang pilek. "Intinya, untuk vaksin influenza, dia tidak bisa menahan masuknya virus flu yang tidak terlindungi dari vaksin influenza," sambung dr Ari.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini