Selain Rendang, Makanan Ini Menjadi Andalan Jamaah Haji yang Dibawa Ke Tanah Suci

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at, 20 Juli 2018 - 07:32 wib
(Tempe Orek (Foto: Ist))

MUSIM haji sudah tiba. Sebagian rombongan jamaah haji dari Indonesia sudah diterbangkan ke tanah suci. Bagi Anda yang masih menunggu antrean, tentu mengecek kembali persiapan dan bawaan harus dilakukan. Jangan sampai sudah di tanah suci, ada barang yang tertinggal, khususnya dokumen penting.

Selain dokumen penting dan perlengkapan haji lainnya, yang tidak kalah penting dibawa saat haji adalah makanan. Hayo ngaku, siapa yang sudah menyelipkan tempat makanan sendiri di dalam koper?

Tidak bisa dipungkiri, di negeri Arab, makanan dengan cita rasa khas Indonesia sulit ditemukan. Meski sudah banyak rumah makan Indonesia di Arab, tapi, rasa makanan buatan tangan sendiri tentu berbeda, benar begitu?

Tapi, makanan apa saja sih yang sebenarnya tidak bisa dilepaskan dari jamaah haji Indonesia? Okezone coba memberitahu bocoran ini khusus untuk Anda.

Baca Juga :

1. Bawang Goreng

 

Hmm... Hayo ngaku siapa yang doyan banget sama bawang goreng? Kalau makan diimbangi dengan bawang goreng pasti rasanya jadi lebih nikmat, bukan begitu? Biasanya makanan ini disimpan di dalam toples kecil kedap udara dan paling enak dimakan bersama nasi panas.

2. Tempe kering

 

Sebagian dari Anda mungkin tidak bisa lepas dari tempe. Kalau ada teme di atas piring dalam banyak varian, pasti nafsu makannya bertambah. Nah, jamaah haji Indonesia juga ternyata banyak yang membawa tempe, khususnya tempe kering. Hayo, Anda salah satunya nggak?

3. Abon

Makanan yang satu ini sangat praktis dan awet lama. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda memasukkan beberapa bungkus abon ke dalam koper haji Anda. Makan abon di malam hari dengan nasi hangat itu enak banget, lho. Untungnya Anda membawa makanan ini juga Anda bisa langsung makan tanpa harus mengolahnya dulu.

4. Dendeng

 

Makanan ini juga bisa jadi referensi Anda membawa makanan dari Indonesia. Tidak perlu khawatir jika bawa makanan ini, karena masa kekuatan makanan ini cukup panjang karena makanan ini adalah makanan yang diawetkan. Tapi, jika Anda pengin mengonsumsi makanan ini, Anda perlu mengolahnya lagi. Ya, paling mudah digoreng saja.

5. Beras

 

Hayo, siapa yang nggak bisa makan tanpa nasi? Jujur? Kalau Anda tergolong dalam kelompok pemakan nasi, maka wajib rasanya membawa beras ke tanah suci. Tidak perlu sekarung juga. Setidaknya, saat Anda sulit menemukan nasi, maka Anda bisa mengolah beras yang Anda bawa. Jadi, tidak merepotkan, bukan?

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini