alexametrics

Bandara Soekarno-Hatta Siap Terapkan Regulasi Baru untuk Jamaah Haji 2018

Anggun Tifani, Jurnalis · Rabu, 11 Juli 2018 - 01:30 wib
(Bandara Soekarno-Hatta (Foto: Ist))

TANGERANG - Ada perubahan dalam proses pelaksanaan pengecekan prosedural dalam pelaksanaan haji di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Hal tersebut mencakup pada proses pengesahan paspor para jamaah haji tahun ini.

"Ada prosedur baru yang telah disepakati antara pemerintahan Arab Saudi dengan pemerintah Indonesia. Jadi tahun ini, yang biasanya pengesahan paspor dilakukan di Jeddah atau Madinah, kali ini akan dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta," ujar Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Soetta, Erwin Revianto saat dikonfirmasi via sambungan telefon, Selasa (10/7/2018).

Bandara Soekarno-Hatta 

Erwin mengatakan, prosedur tersebut dilakukan oleh pihak Arab Saudi yang berada di Bandara Soetta. Dia memaparkan hal tersebut berlaku untuk Embarkasi Jakarta-Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat dan Lampung.

"Ini untuk mempermudah pelayanan untuk para jamaah haji, jadi nanti ketika sampai sana sudah tidak perlu lagi dilakukan pengesahan paspor," ungkapnya.

Dikatakan Erwin, sejauh ini hanya prosedural tersebut yang menjadi pembeda dengan musim haji pada tahun-tahun sebelumnya.

"Kami sudah siap untuk menghadapi musim haji tahun ini, tinggal pelaksanaannya nanti semoga semuanya berjalan lancar," tukasnya.

 Ilustrasi haji

Sementara sebelumnya, Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N. Mansyuri menyatakan, pihaknya juga siap menghadapi musim haji.

"Kita jalan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan bersama, tentunya masih ada beberapa hal yang pending. Namun, dalam beberapa hari ini kita yakini bahwa kita bisa menyelesaikannya," katanya usai ditemui di Gedung Garuda Indonesia, Tangerang beberapa waktu lalu.

Pahala menjelaskan, rencana penerbangan periode haji nantinya akan dimulai pada tanggal 17 juli 2018.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini