Telkomsel Siapkan Layanan Jamaah Haji di Tanah Suci

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa, 10 Juli 2018 - 14:17 wib
((Foto: Okezone))

JAKARTA - Telkomsel, operator telekomunikasi turut mendukung pelaksanaan haji untuk tahun ini. Perusahaan menyiapkan GraPARI yang ada di Mekah dan Madinah.

Denny Abidin, GM External Corporate Communications Telkomsel kepada Okezone pada Senin (9/7/2018) mengatakan, Telkomsel menyiapkan setidaknya satu GraPari di Mekah maupun di Madinah.

Akan tetapi, pihaknya juga menunggu tim produk dan melihat layanan baru yang bisa disediakan oleh perusahaan. Saat ini, pihaknya ingin melihat data dari Kementerian Agama, seberapa banyak yang menggunakan operator Telkomsel.

"Trafik kita lagi coba prediksi trafik berapa, misalkan jemaah, dari Departemen Agama berapa orang, nah dari situ nanti bisa keliatan berapa nantinya," kata Denny yang akrab disapa Abe.

 

Denny juga menyampaikan bahwa pihaknya akan melihat trafik potensial dan merekap apa saja case terkait pelanggan atau jamaah apabila datang ke GraPari Telkomsel di Tanah Suci.

"Kita lagi coba recap case-nya apa saja kalau ada pelanggan atau jamaah yang datang ke layanan kita, apakah ganti nomor, apakah jadi tempat meeting point, atau kalau ada (jamaah) yg hilang," tuturnya.

Menurut Denny, penggunaan layanan telekomunikasi tidak hanya telefon, tetapi juga layanan data. Mereka yang akrab dengan layanan data, bisa menggunakan media sosial untuk berkomunikasi.

Baca juga: Tahun Ini Jamaah Sudah Langsung Bisa Cetak Sendiri Visa Haji

"Untuk jamaah, segmen berbeda-beda, kalau dia sudah pakai smartphone dari awal, itu akan fokus sosial media atau data, tapi yang uniknya voice itu tetap diperlukan, karena untuk mendengarkan suara. Tapi ada kalanya jamaah berangkat dari sini pakai feature phone, terutama di luar Jawa," jelasnya.

Perusahaan terbantu agar jamaah pelanggan Telkomsel mulai beralih menggunakan ponsel pintar atau layanan data, dengan sosialisasi yang dilakukan di embarkasi-embarkasi.

Baca juga: Lebih dari 29 Ribu Visa Jamaah Haji Selesai Diproses

Ia mengungkapkan, bila dahulu pada saat musim haji, baru ada persiapan, tetapi kini persiapan untuk layanan telekomunikasi terus dilakukan sepanjang tahun. Sebab, jamaah umroh pun tidak kalah dengan jamaah haji setiap tahunnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini