alexametrics

Pemerintah Indonesia Desak Arab Saudi Prioritaskan Perbaikan Fasilitas Mina

Amril Amarullah, Jurnalis · Senin, 2 Juli 2018 - 20:42 wib
(Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin (foto: Okezone))

JAKARTA - Pemerintah terus berkoordinasi dengan pihak Arab Saudi untuk bisa meningkatkan fasilitas di Mina, khususnya masalah perluasan kemah jamaah dan toilet.

"Harapannya ke depan meningkat, problem haji kita saat ini yaitu Mina, yakni peningkatan toilet dan kemah jamaah," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat pembekalan petugas MCH di kantor Kemenag Jakarta, Senin (2/7/2018).

Menurut Lukman, sejak tiga tahun lalu pemerintah meminta kepada Arab Saudi untuk bisa memperluas kemah di Mina, mengingat persoalan jamaah yakni ketika puncak haji, banyak jamaah yang kelelahan dan itu berada di Arafah dan Mina untuk bermalam.

Oleh karena itu, sambung politisi PPP itu, perlu penambahan perluasan fasilitas istirahat dan juga toilet. Puncak kelelahan itu ada di Arafah dan Mina. Apalagi mereka harus menempuh jamarat yang berkilo-kilo.

Berbeda ketika di Makkah dan Madinah mereka tinggal di hotel setara bintang 3. Tapi di Arafah dan Mina jamaah harus tinggal di tenda, ditambah lagi suhu udaranya juga jauh lebih panas daripada di tanah air dan fasilitas terbatas.

"Di situlah kita harus lebih konsentrasi bagaimana kita berikan pelayanan yang bisa lebih baik," jelas Lukman.

 Mina

Menurut Lukman, dengan meningkatnya kuota haji tahun ini menjadi 221 ribu, bila tidak segera ditambah maka akan berbahaya dan menjadi persoalan sendiri.

"Karena itu, amat sangat berharap pemerintah Arab Saudi dapat mempertimbangkan ini (fasilitas kemah dan toilet)," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini