Layanan Imigrasi Saudi Dibuka di Embarkasi Jakarta dan Surabaya
Amril Amarullah (Okezone), Jurnalis · Jum'at, 8 Juni 2018 - 19:00 wib
(Rapat koordinasi persiapan operasional haji di Kantor Urusan Haji Jeddah. (Foto: Ist))

JAKARTA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan layanan imigrasi Arab Saudi untuk jemaah haji akan dihadirkan di Indonesia. Namun, untuk tahun ini layanan tersebut baru ada di Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) dan Embarkasi Surabaya (SUB).

“Untuk percontohan, tahun ini layanan imigrasi Arab Saudi dibuka di Embarkasi Jakarta-Pondok Gede dan Embarkasi Surabaya. Semoga tahun mendatang bisa dibuka di semua embarkasi,” kata Menag usai memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Operasional Haji di Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah, Kamis (7/6/2018).

Rakor ini dihadiri Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Staf Khusus Menteri Agama Hadi Rahman, Sesditjen PHU Muhajirin Yanis, Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus M Arfi Hatim, Konjen RI di Jeddah M Heri Sarifudin, serta jajaran KUH-KJRI Jeddah.

Menurut Menag, layanan imigrasi itu meliputi verifikasi dokumen, pemindai sidik jari, dan pemberian stempel. Dengan layanan ini, jemaah bisa langsung menuju bus setibanya di Arab Saudi.

“Jemaah tidak perlu lagi melewati pemeriksaan imigrasi saat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah dan King Abdul Aziz Jeddah. Mereka bisa langsung menuju bus setibanya di bandara,” jelas Menag.

Lukman Hakim. Foto: Okezone

“Saudi akan mengirimkan petugas imigrasinya ke Indonesia untuk bertugas pada embarkasi Jakarta-Pondok Gede dan Embarkasi Surabaya,” sambungnya.

Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) menjadi tempat pemberangkatan jemaah yang berasal dari Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Lampung. Sedangkan Embarkasi Surabaya (SUB) menjadi tempat pemberangkatan jemaah dari Jawa Timur.

(Baca Juga : Mudahkan Identifikasi, Koper dan Paspor Jemaah Haji Diberi Tanda Warna)

Adapun untuk layanan rekam biometrik dan sidik jari, Menag memastikan hal itu tetap akan dilakukan di seluruh embarkasi. Total ada 13 embarkasi, yaitu: Embarkasi Aceh (BTJ), Embarkasi Medan (MES), Embarkasi Padang (PDG), Embarkasi Batam (BTH), Embarkasi Palembang (PLM): Orange, Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG), Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS), Embarkasi Surakarta (SOC), Embarkasi Surabaya (SUB), Embarkasi Mataram (LOP), Embarkasi Banjarmasin (BDJ), Embarkasi Balikpapan (BPN), dan Embarkasi Ujung Pandang (UPG).

(Baca Juga : Menag Bertolak ke Arab Saudi Tinjau Persiapan Layanan Haji)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini