Bersama STP Bandung, Kemenag akan Latih Juru Masak Katering Saudi
Fiddy Anggriawan , Jurnalis · Kamis, 26 April 2018 - 22:50 wib
(Katering untuk Jamaah Haji 2018 di Arab Saudi (foto: Ist))

JAKARTA - Kementerian Agama akan menggelar pelatihan bagi juru masak perusahan penyedia katering jemaah haji Indonesia. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kualitas layanan katering jemaah haji Indonesia, utamanya agar lebih bercitarasa nusantara.

"Kita akan mengadakan pertemuan dengan STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) Bandung untuk membicarakan training juru masak di Saudi," tutur Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis di Jakarta,  Kamis (26/4/2018).

Katering Saudi

(Baca Juga: 60% Jamaah Haji Indonesia 2018 Didominasi Lansia)

Menurut Sri Ilham, pelatihan ini sudah dibicarakan sejak awal dengan para penyedia katering di Saudi. Mereja juga sudah menyatakan kesanggupan untuk mentraining juru masaknya.

"Biaya training dibebankan kepada perusahaan penyedia katering," jelasnya. 

Sri Ilham merencanakan pelatihan juru masak ini akan digelar menjelang dimulainya operasional ibadah haji 1439H/2018M, persisnya di bulan Juli. Total ada 36 perusahaan penyedia katering jemaah haji Indonesia saat berada di Makkah. 

Mereka sudah menandatangani kontrak dengan misi haji Indonesia (Kementerian Agama). Untuk di Madinah dan bandara, sampai saat ini masih dalam proses finalisasi. 

Sri Ilham mengatakan bahwa pihaknya sudah mensyaratkan kepada setiap perusahaan katering untuk mempekerjakan juru masak asli Indonesia. Bahan baku dan bumbu masak pun semaksimal mungkin menggunakan bahan asli Indonesia. 

(Baca Juga: Pemerintah Pastikan Layanan Haji 2018 Sangat Baik)

Meski demikian, pelatihan tetap perlu dilakukan. Selain mengasah kemampuan,  juga dalam rangka menyamakan persepsi para juru masak dengan standar menu yang telah ditetapkan. 

"Setelah kontrak perusahaan penyedia katering, seluruh juru masak akan dilatih agar punya persepsi yang sama tentang cara masak yang baik, sanitasi yang baik sehingga jemaah semakin nyaman," ujarnya.

"Pelatihan juru masak, diharapkan mengurangi masalah katering," tandasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming