alexametrics

60% Jamaah Haji Indonesia 2018 Didominasi Lansia

Chyntia Sami Bhayangkara, Jurnalis · Rabu, 25 April 2018 - 14:33 wib
(Direktur Bina Haji dan Umrah Kemenag, Khoirizi (foto: Okezone))

JAKARTA - Direktur Bina Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag), Khoirizi H Dasir menyebutkan bahwa jumlah jamaah haji asal Indonesia yang akan diberangkatkan pada tahun 2018 didominasi oleh jamaah berusia lanjut usia (lansia).

Khoirizi mengatakan, tak kurang dari 60 persen jamaah lansia mendominasi pemberangkatan haji tahun ini dengan range usia di atas 60 tahun.

"Sebanyak 60 persen jamaah haji tahun ini lanjut usia. Itu usianya di atas 60 tahun,” ujar Khoirizi, Rabu (25/4/2018).

Tingginya jumlah jamaah lansia pada tahun 2018 tersebut pun menjadi tantangan tersendiri bagi Kemenag untuk mempersiapkan segala fasilitas haji semaksimal mungkin.

“Kalau dilihat sekilas ini memang seperti beban. Tapi sebenarnya tidak, ini adalah peluang untuk ibadah (bagi para petugas)," ungkap Khoirizi.

Karakteristik jamaah haji lansia pun diketahui lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Hal tersebut lantaran kondisi daya tahan tubuhnya yang sudah menurun sehingga mudah terserang penyakit dibandingkan jamaah haji pada umumnya.

Haji

Resiko terserang penyakit juga akan meningkat apabila terlalu banyak beraktivitas, terutama di luar ruangan karena udara panas. Kasus terbanyak yang dialami oleh jamaah haji selama adalah kelelahan, batuk dan pilek, nyeri lambung, lemas, kaki bengkak dan nyeri.

Tak hanya itu, latar belakang pendidikan para jamaah haji lansia pun cenderung lebih rendah dibandingkan dengan jamaah haji pada umumnya. Bahkan, tak sedikit juga para jamaah haji lansia sudah mulai mengalami gelala pelupa atau pikun hingga lupa arah jalan pulang saat sedang menunaikan ibadah haji.

Hal tersebut pun mengakibatkan petugas haji harus bekerja ekstra dalam melayani para jamaah haji lansia. Petugas haji pun dituntut untuk sigap dalam memberikan pelayanan, pembinaan dan perlindungan maksimal terhadap para jamaah haji lansia tersebut.

Terlebih, saat ini Kemenag tengah berupaya untuk meningkatkan Indeks Kepuasan Jamaah Haji (IKJHI). Kemenag pun optimis angka IKJHI akan mengalami peningkatan dari 84,85 persen pada tahun 2017 lalu menjadi 85 persen meskipun jamaah haji didominasi oleh lansia.

“Saya tidak muluk-muluk cukup menjadi 85 persen saja," kata Khoirizi.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini