Kementerian Agama Terus Lakukan Persiapan Menyambut Musim Haji 2018

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at, 9 Maret 2018 - 13:15 wib
(Muslim dari berbagai negara bertawaf di Kakbah, Masjidil Haram, Makkah saat beribadah umrah, Februari 2018 (Salman Mardira/Okezone))

JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) terus melakukan berbagai persiapan untuk menyambut musim haji 2018 termasuk melakukan komunikasi dengan pemerintah Arab Saudi. Tim akomodasi haji Indonesia sudah diberangkatkan ke Tanah Suci.

“Kami sudah melakukan langkah-langkah (persiapan), mulai dari melakukan komunikasi dengan pemerintah Arab Saudi dan melihat hasil evaluasi ibadah haji 2017,” kata Direktur Bina Haji Kementrian Agama, Khoirizi H Dasir dalam program live streaming ‘Special Dialogue bertajuk Persiapan Panitia Haji 2018’ di Kantor Redaksi Okezone, Gedung iNews Center Lantai 12, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (9/3/2018).

Untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada jemaah haji, Kementrian Agama juga telah memberangkatkan tim akomodasi dan konsumsi ke Tanah Suci sejak satu bulan lalu. Mereka akan mengurus persiapkan mulai dari soal pomondokan hingga konsumsi jamaah.

Khoirizi menjelaskan, Kemenag sengaja memberangkat tim lebih dulu untuk mengurus segala persiapan jamaah haji karena jamaah dari Indonesia adalah terbanyak di dunia.

“Kita jumlah jamaah terbesar loh dan karakter jamaah yang sangat unik. Maka itulah harus kita persiapkan secara matang,” papar Khoirizi.

Khoirizi juga menjelaskan bahwa sesuai arahan dari Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin maka tahun ini panitia haji Indonesia akan meningkatkan intensitas konsumsi kepada para jamaah selama musim haji 2018.

“Dahulu mereka itu hanya mendapat 25 kali padahal mereka tinggal 20 hari (di Tanah Suci). Nantinya kami akan menambah sehingga jamaah tidak perlu keliling mencari makanan, maka itu Pak Menteri (Agama) mengambil keputusan tahun ini kita sediakan makanannya dan akan kita penuhi,” ujar Khoirizi.

Dia mengatakan Kementrian Agama akan terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada para jamaah haji mulai dari keberangkatan, selama berada di Tanah Suci hingga kepulangan.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini