Sampai Jumpa pada Layanan Operasional Haji Daker Makkah Tahun Depan!
Rani Hardjanti, Jurnalis · Rabu, 27 September 2017 - 07:37 wib
(Jamaah Haji asal Indonesia. Foto Okezone/Rani Hardjanti)

MAKKAH - Operasional layanan haji yang dilakukan oleh Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) daerah kerja Makkah telah memasuki babak akhir. Sejumlah layanan jamaah telah selesai karena tidak ada lagi jamaah reguler di Kota Makkah.

Lebih dari 50% jamaah haji telah dipulangkan ke Tanah Air melalui bandara di Jeddah dan Madinah. Sementara sebagian jamaah yang tergabung dalam kloter yang masih melakukan ibadah arbain atau salat 40 kali tanpa terputus di Masjid Nabawi, Madinah.

Kendati demikian, Ketua Panitia Pelayanan Ibadah Haji (PPIH) Daker Makkah Nasrullah Jasam menjelaskan, untuk layanan yang sifatnya berkenaan dengan instasi dan koordinasi di Arab Saudi, masih terus berjalan.

"Misalnya, koordinasi PPIH daker Makkah dengan Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah. Sebab, masih terdapat sejumlah jamaah yang sakit dan dirawat di KKHI Makkah," ujarnya.

Baca Juga: Pelaksanaan Haji 2017, Diawasi 5.000 CCTV dan 13 Fakta Lainnya

Hingga saat ini jumlah jamaah yang masih di rawat di KKHI Makkah mencapai 48 orang. Jumlah tersebut belum termasuk jamaah yang dirawat di rumah sakit Arab Saudi.

"Jika kondisi badannya memungkinkan maka jamaah akan diberangkatkan dengan ambulans. Madinah evakuasi keadaan yang tertentu," ujarnya.

Sementara itu jelang kepulangan petugas jamaah, PPIH menggelar tasyakuran dan evaluasi singkat mengenai pelaksanaan haji 2017

Pergerakan jamaah haji dari Makkah menuju ke Madinah memasuki babak akhir. Adalah jamaah embarkasi Ujung Pandang (UPG) Kloter 35 yang Selasa (26/9/2017) sore WAS menuju Madinah.

Jumlah-jamaah UPG berjumlah 450 orang. Bus telah bergerak sejak pukul 17.40 WAS atau sekira pukul 21.40 WIB. Pemberangkatan ini maju 1 jam karena memang jamaah telah siap diberangkatkan. Dari sisi transportasi dan akomodasi juga sudah siap.

"Ada satu jamaah yang tidak diberangkatkan ke Madinah, karena tanazul (pulang lebih cepat dari yang ditentukan)," ujar Nasrullah.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming