Tinggalkan Makkah, Jamaah Banyak yang Tak Kuasa Menahan Tangis
Rani Hardjanti, Jurnalis · Rabu, 27 September 2017 - 09:15 wib
((Foto: Rani Hardjanti/Okezone))

MAKKAH – Sebelum meninggalkan Makkah menuju Madinah, jamaah haji terlebih dahulu melakukan tawaf wada atau tawaf perpisahan. Saat melakukan tawaf yang terakhir kalinya pada prosesi haji, banyak jamaah yang tak kuasa menahan tangis.

Andi Aisyah, jamaah asal Bone yang tergabung dalam embarkasi Ujung Pandang (UPG) Kloter 35, tampak terisak ketika menceritakan tawaf wada yang dilakukannya.

"Rasanya sangat sedih sekali. Saya berdoa, semoga saya bisa kembali dipanggil kembali ke Makkah untuk melakukan umrah," ujarnya sambil menitikkan air mata kepada Okezone, Rabu (27/9/2017).

Hal serupa juga dirasakan oleh Baba bin Beddu Karim. Matanya menerawang kosong ketika mengungkapkan pengalamannya melakukan tawaf wada.

"Saat tawaf, rasanya saya lebih nyaman dengan menitikan air mata. Saya tidak kuasa menahan tangis," ujarnya yang sehari-harinya berprofesi sebagai pedagang pakaian di pasar daerah Bone.

Bisa melaksanakan rukun Islam yang ke-5, lanjutnya, adalah impian panjang. Sejak belasan tahun dia sudah sangat ingin ke Tanah Suci.

"Alhamdulillah sekarang nama saya pakai haji. Haji Baba," tegas dia.

Setelah tiba di Tanah Air, menyandang predikat haji memotivasi dirinya untuk melakukan hal yang lebih baik lagi. Sama halnya dengan Hasma Daeng Maluse. Dia mengaku lega setelah melakukan tawaf wada.

"Saya berdoa semoga bapak ibu saya juga bisa melaksanakan haji. Semoga semua haji menjadi haji yang mabrur," tutupnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming