Terakhir Diberangkatkan, Jamaah Ujung Pandang di Makkah Kini Menuju Madinah
Rani Hardjanti, Jurnalis · Selasa, 26 September 2017 - 23:06 wib
(Jamaah Haji kloter 35 Embarkasi Ujung Pandang bergerak dari Makkah ke Madinah (Foto: Rani/Okezone))

MAKKAH - Pergerakan jamaah haji dari Makkah menuju ke Madinah memasuki babak akhir. Adalah jamaah embarkasi Ujung Pandang (UPG) Kloter 35 yang sore ini menuju Madinah.

Jumlah jamaah UPG berjumlah 450 orang. Bus telah bergerak sejak pukul 17.40 WAS atau sekira pukul 21.40 WIB. Pemberangkatan ini maju 1 jam karena memang jamaah telah siap diberangkatkan. Dari sisi transportasi dan akomodasi juga sudah siap.

"Ada satu jamaah yang tidak diberangkatkan ke Madinah, karena tanazul (pulang lebih cepat dari yang ditentukan)," ujar Kepala Daerah Kerja Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Nasrullah Jasam, Selasa (26/9/2017).

Baca juga: Keajaiban Air Zamzam yang Bikin Ilmuwan Terperangah

Menurut dia, secara keseluruhan pergerakan jamaha haji dari Makkah ke Jeddah atau Makkah ke Madinah berjalan baik. Kalaupun ada, hanya masalah kecil, yakni persoalan bagasi. "Selain itu tidak ada masalah. Secara prinsip semua terangkut dengan baik," ujarnya.

Berdasarkan data Sikohat per 26 September 2017, total jamaah haji yang diberangkatkan dari bandara Jeddah adalah sekira 101.875 orang, bandara Madinah sebanyak 38.127 orang. Jumlah keseluruhan kepulangan jamaah haji sebanyak 140.002 orang. Sementara jamaah wafat di Arab Saudi sebanyak 613 orang, terdiri dari 588 jamaah reguler dan 25 jamaah khusus. 

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming