Pencarian 2 Jamaah Haji dari Rumah Sakit hingga Perbukitan di Mina, Hasilnya?
Rani Hardjanti, Jurnalis · Selasa, 26 September 2017 - 07:12 wib
((Foto: Rani Hardjanti/Okezone))

MAKKAH – Hampir 50 persen jamaah haji sudah kembali bersama sanak saudara di Tanah Air. Namun, hingga hari penutupan operasional divisi Pelaksanaan Ibadah Haji (PPIH) daerah kerja Makkah, ada dua jamaah haji hilang yang belum juga ditemukan.

Menurut Kepala Satuan Operasional Perlindungan Jamaah Panitia (Linjam) Kolonel Jaetul Muchlis, pencarian terhadap dua jamaah terus digencarkan, bahkan sudah dilakukan penyisiran ke berbagai titik potensi.

Kedua jamaah tersebut adalah Hadi Sukma Aksani berusia 73 tahun berasal dari Tulang Bawang Lampung. Hadi dilaporkan menghilang sejak 2 September, saat mabit dan akan melontar jumrah di hari tasrik pertama. Kemudian, Atim Arta Ota berusia 62 tahun berasal dari Bogor hilang di Masjidil Haram. Saat itu juga sudah dilaporkan kepada setor khusus setempat.

(Baca Juga: Operasional Haji Daker Makkah Berakhir Besok, 117 Jamaah Sakit Dievakuasi ke Madinah)

"Pencarian dilakukan di rumah sakit Arab Saudi, kepolisian, hingga di sekitar Arafah, yang terdapat 4 rumah sakit dan Mina sekira 3 rumah sakit. Selain itu juga kepolisian di Mina Arafah," ujarnya.

Pencarian di RS, jelas Jaetul, tidak hanya melihat kondisi jamaah di ICU, tapi yang menjadi fokus adalah jamaah-jamaah yang tidak ada identitas baik di ruang rawat hingga kamar jenazah.

"Penyisiran juga termasuk di RS jiwa hingga tahanan. Mana tahu berdua lepas di luar pemondokan mungkin ada friksi, ada persoalan dengan kepolisian. Kita juga mencari tahanan di Makkah," jelasnya gamblang.

(Baca Juga: Jelang Penutupan Operasional Haji Daker Makkah, 2 Jamaah Belum Ditemukan)

Sekadar diketahui, jumlah jamaah hilang saat puncak haji di Arafah Musdalifah dan Mina (Armina) mencapai 383 kasus. Namun, dari hasil penyisiran rombongan satop Armina sekira 381 telah bertemu dengan masing-masing keluarga dan kembali ke rombongan. Kini yang belum ditemukan adalah kedua jamaah tersebut.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming