13 Keistimewaan Kota Madinah, di Antaranya Masjid Nabawi dan Fenomena Tanah Surga
Rani Hardjanti, Jurnalis · Sabtu, 23 September 2017 - 17:15 wib
(Kota Madinah dari kejauhan (Foto: Rani/Okezone))

MADINAH - Kota Madinah adalah satu dari dua kota suci. Di Tanah Haram tersebut terdapat sejumlah keistimewaan.

Madinah atau dahulu bernama Yastrib merupakan kota Hijrah Nabi Muhammad SAW. Di sana terdapat masjid terakhir yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW bersama para sahabat.

Berdasarkan pantauan Okezone, cuaca Kota Madinah saat ini berada di kisaran 38-43 derajat celcius. Masih banyak jamaah Indonesia yang tergabung dalam gelombang 2 pelaksanaan haji 2017 yang melakukan arbain, atau salat fardhu sebanyak 40 kali tanpa terputus di Masjid Nabawi.

Baca juga: Masjid Jiranah, Napak Tilas Nabi Muhammad Miqat Sebelum Umrah

Dalam buku yang disarikan dari Buku Cerdas Haji dan Umrah Mabrur itu Mudah & Indah dan Fadha'il al Madinah al Munawwarrah, Syaikh Khalil Mulla Khatir dan Syaikh Muhammad bin Yusuf asy Syami menyebutukan keistimewaan Kota Madinah, di antaranya yakni:

1. Madinah adalah Tanah Haram dan tempat yang aman. Dajjal pun tidak masuk ke dalamnya.

2.  Madinah merupakan tempat masuk yang benar "Dan katakanlah (Muhammad), 'Ya Rab ku masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar (al Isra : 80).

3. Madinah adalah tempat kota hijrah Nabi Muhammad SAW dari kota Makkah.

4. Rasulullah banyak mendoakan Madinah. Terdapat banyak berkah yang berlipat ganda seperti yang terdapat di Makkah.

5. Madinah dan Makkah dapat menggantikan posisi Masjidil Aqsha bagi orang yang bernadzar untuk melaksanaan salat atau itikaf di Masjidil Aqsha. Tidak ada yang dapat menggantikan selain Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

6. Dosa kecil di Madinah dicatat sebagai dosa besar. Hal itu berdasarkan sabda Rasullah. "Siapa yang berbuat dosa di Madinah..." Dosa dalam sabda beliau itu mencakup dosa kecil juga. Karena itu akan dibalas dengan balasan dosa besar karena kecerobohan dan sikap orang yang meremehkan berbuat dosa di Madinah.

7. Di Madinah ada manusia terbaik Di sana dimakamkan orang-orang terbaik dari Umat Islam. Mulai dari para sahabat dan generasi selanjutnya.

8. Masjid Nabawi yang berada di Madinah dibangun dengan tangan Rasulullah dibantu para sahabat. Masjid ini merupakan masjid terakhir para nabi dan masjid Nabi.

9. Madinah memiliki sebidang tanah yang merupakan tanah paling mulia di mana terdapat makam Nabi Muhammad SAW.

10. Salat di masjid Nabawi lebih utama dari 1.000 kali pahala. Keutamaan tersebut meliputi salat fardhu dan salat sunah. Salat Jumat satu kali di Masjid Nabawi pahalanya sama dengan 100 kali salat di masjid lain, kecuali masjidil haram.

Masjid Nabawi (Foto: Rani/Okezone)

11. Siapa yang salah 40 kali waktu secara berturut-turut di Masjid Nabawi akan dibebaskan dari api neraka, diselamatkan dari siksa dan dijauhkan dari kemunafikan.

12. Kiblat di masjid Nabawi dan masjid Quba (keduanya di Madinah) merupakan kiblat yang paling lurus di muka bumi.

13. Di antara mimbar nabi Masjid Nabawi dan rumah Rasulullah terdapat Raudhah yang hanya terdapat di Madinah.

Raudhah merupakan area di sekitar mimbar yang biasa digunakan oleh Nabi Muhammad SAW untuk berkhutbah. "Antara rumahku dan mimbarku adalah taman (raudhah) dari taman-taman surga”. Demikian hadist mengisahkan penyataan Rasulullah.  Area itu merupakan area mustajab, sehingga banyak yang berlomba-lomba untuk bisa bermunajat di sana.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming