Ditemukan Uang Jamaah Tercecer Rp36,3 Juta di Makkah, Sebagian Sudah Dikembalikan
Rani Hardjanti, Jurnalis · Kamis, 21 September 2017 - 04:01 wib
(Kepala PPIH Daker Mekah Nasrullaj Jassam. )

MAKKAH – Musim haji menyisakan banyak barang jamaah yang tercecer. Tidak hanya barang tidak terpakai, barang berharga berupa uang juga ditemukan tercecer.

Kepala Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja Makkah, Nasrullah Jassam mengatakan, langkah pelacakan akan terus diupayakan untuk memastikan siapa pemilik uang tercecer. Dari beberapa laporan yang masuk ke Kantor Daker Makkah, ada beberapa yang telah diselesaikan dan dikembalikan ke pemilik hak. “Kita akan serahkan jika sudah ketemu si empunya uang,” katanya beberapa waktu lalu.

Menurut Nasrullah, jamaah yang kehilangan uangnya selama berada di hotel pemondokan masing-masing, silakan segera melapor ke petugas. Barang atau uang yang hilang di lingkungan hotel menjadi tanggung jawab manajemen hotel.

(Baca Juga: Tahun Baru 1439 Hijriah, Suasana di Masjid Nabawi Ramai Jamaah)

Ia menegaskan, sesuai dengan ketentuan kontrak antara pemerintah RI dan pengelola hotel, tiap barang jamaah yang hilang di kawasan pemondokan harus diganti sesuai nominal yang hilang.

Dia menunjuk contoh praktik kontrak itu, misalnya kasus pengembalian uang hilang di Hotel Abraj Kiswah, Jarwal, Makkah. Tiap laporan uang jamaah yang hilang telah diganti. Besarannya bervariasi dari 750 riyal sampai 2530 riyal.

(Baca Juga: Petugas Haji Daker Makkah Gelar Doa Bersama Sambut Tahun Baru 1439 Hijriah)

Menurut Nasrullah, seperti prosedur yang berlaku sebelumnya, uang jamaah yang berhasil ditemukan namun hingga batas akhir kepulangan petugas haji tidak ada yang mengklaim akan diserahkan ke Kantor Urusan Haji KJRI Jeddah.

Sejak 6 Agustus hingga 18 September, pihaknya menampung uang jamaah yang tercecer sebanyak 11.462 riyal (setara Rp40.117.000 dengan kurs 1 riyal=Rp3.500) dan Rp36.353.000.

Dia menjelaskan, uang tercecer tersebut ditemukan, baik oleh petugas haji ataupun pihak keamanan Arab Saudi. Lokasi penemuan terbanyak adalah di kawasan Masjid al-Haram dan ada pula yang tertinggal di dalam bus antar jemput shalawat.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming