nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jamaah Haji Mabit Berdempetan di Mina, Menag Lukman Protes ke Muasassah

Rani Hardjanti, Jurnalis · Senin 04 September 2017 00:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 03 453 1768579 jamaah-haji-mabit-berdempetan-di-mina-menag-lukman-protes-ke-muasassah-VZudr7AA52.jpg Menag Lukman Hakim

MAKKAH - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin akan mengajukan protes kepada Muasassah Asia Tenggara Kementerian Perhajian Arab Saudi. Protes tersebut terkait kondisi tempat jamaah bermalam atau mabit yang tidak sesuai. Di mana kuota jamaah ditambah sementara luas perkemahan tidak disesuaikan.

Jamaah umumnya mengeluhkan kapasitas tenda yang dipaksakan. Hal ini disebabkan bertambahnya jumlah jamaah haji Indonesia bertambah signifikan dari 168.000 menjadi 221.000. Sementara fasilitas air dan lainnya masih dianggap baik dan mencukupi kebutuhan jamaah.

"Tahun ini Indonesia ada tambahan 52.000 jamaah, seharusnya sudah diantisipasi. Saya akan protes secara resmi ke Muassasah dan Maktab. Ini (kondisi tenda di Mina) tidak sesuai harapan," ungkap Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin usai mengecek jemaah di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Maktab 8 Mina, Sabtu malam (2/9/2017) waktu Arab Saudi.

Muassasah adalah organisasi swasta penyelenggara haji yang ditunjuk Pemerintah Arab Saudi. Organisasi ini dibentuk untuk mengurusi jamaah dari luar Arab Saudi terkait akomodasi, transportasi, dan pelayanan umum. Sedangkan Maktab adalah organisasi di bawah Muassasah dan menangani 3.000-4.000 jamaah.

"Karena kondisi itu (berdesakan), kami sarankan jamaah yang tinggal di hotel dekat Mina untuk kembali ke hotel (tidak menempati tenda). Ini sedikit mengurangi masalah tersebut," urai Lukman.

Di sisi lain, Lukman mengacungi jempol dalam sirkulasi jamaah dalam puncak haji, mulai dari Arafah, Muzdalifah, hingga Mina.

Diperkirakan pukul 12.00 WAS jamaah sampai Mina, ternyata pukul 09.30 waktu setempat sudah sampai tujuan.

"Ini di luar dugaan. Sirkulasi transportasi sangat bagus," katanya. (sym)

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini