Puncak Haji di Depan Mata, Menag Lukman dan Petugas Haji Baca Ratib Al-Haddad

Rani Hardjanti, Jurnalis · Rabu 30 Agustus 2017 02:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 30 398 1765828 puncak-haji-di-depan-mata-menag-lukman-dan-petugas-haji-baca-ratib-al-haddad-xSkYh8aTxC.jpg

MAKKAH - Amirull Hajj sekaligus Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin beserta seluruh petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menggelar doa bersama. Doa dipanjatkan untuk keselamatan dan kelancaran ibadah di Arafah, Mina dan Muzdalifah (Armina).

Doa, yang juga dihadiri Naib Amirul Hajj, diisi dengan pembacaan Ratib Al-Haddad. Tidak hanya di kantor daerah kerja Makkah, namun doa juga dilantunan di seluruh sektor petugas PPIH yang berada di Makkah, dengan total 11 sektor.

Menurut Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Kepala Daerah Kerja Makkah Nasrullah Jasam, segala upaya terbaik sudah dilakukan oleh panitia dengan sangat luar biasa.

"Tentu kita tinggal berdoa kepada Allah SWT agar operasional tahun ini berjalan lancar pada puncak musim haji tahun ini. Oleh karena itu, hari ini bersama Menteri Agama dan Amirul Hajj melakukan doa bersama. Jadi kalau fisik sudah, tinggal spiritualnya saja," ujar Nasrullah.

Rabu 30 Agustus 2017, jamaah haji Indonesia akan mulai digerakan menuju Arafah atau bertepatan dengan 8 Dzulhijjah 1438H. Pada saat yang sama, sebagian jemaah ada yang bergerak menuju Mina untuk melakukan Tarwiyah untuk menginap (mabit).

Proses wukuf di Arafah akan belangsung pada 31 Agustus 2017 atau 8 Dzulhijjah 1438H.

Sementara, ada beberapa jamaah haji Indonesia yang dirawat, baik di Rumah Sakit Arab Saudi maupun di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Makkah. Untuk jemaah Indonesia yang tidak bisa melaksanakan ibadah di Arafah karena sakit, akan disafariwukufkan oleh petugas PPIH.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini