nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meski Tak Disarankan, 16.497 Jamaah Haji Indonesia Bertarwiyah

Rani Hardjanti, Jurnalis · Selasa 29 Agustus 2017 19:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 29 453 1765661 meski-tak-disarankan-16-497-jamaah-haji-indonesia-bertarwiyah-AsCyA3BsyI.jpg Ilustrasi (Dok.Okezone)

MAKKAH - Meski pemerintah tidak merekomendasikan dan memfasilitasi, namun sebanyak 16.497 jamaah haji Indonesia akan melaksanakan tarwiyah.

Kepala Seksi Bimbingan Ibadah PPIH Daker Makkah, Ansor Sanusi, menjelaskan kepada Media Center Haji (MCH), data tersebut terverikasi per Senin 28 Agustus 2017 pukul 17.00, waktu Arab Saudi.

Dia menegaskan meski pemerintah tak bisa melarang pelaksanaan tarwiyah oleh sebagian jamaah haji haji, namun pihaknya menekankan penanggungjawab tarwiyah harus memastikan bahwa anggotanya dalam keadaan sehat wal afiat.

Pelaksanaan tarwiyah akan dikenakan biaya oleh maktab dengan besaran yang bervariatif. Maktab bertangggungjawab penuh mengantarkan jamaah haji dari hotel menuju Mina dan dari Mina menuju Arafah serta menyiapkan akomodasi dan konsumsi jamaah

Anshori menjelaskan, jamaah yang hendak bertarwiyah mengajukan permohonon kapada ketua kloter dengan persetujuan kepala sektor dan laporan disampaikan kepada kepala daker. Hal terpenting penanggungjawab harus membuat surat pernyataan bahwa segala aktivitas yang berakibat pada keselematan dan kerugian material menjadi tanggungjawab sendiri.

"Kita sudah buat mekanisme surat pernyataan bermaterai secara kolektif, “ kata dia di Kantor Daker Makkah, Selasa (29/8/2017).

Tarwiyah adalah cara haji yang berbeda dengan jamaah reguler. Mereka menginap (mabit) di Mina pada 8 Dzulhijjah, sebelum wukuf di Padang Arafah. Jamaah akan menunaikan salat Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya, dan Subuh di Mina. Mereka tidak meninggalkan Mina sebelum terbit matahari di hari Arafah. Sementara jamaah reguler akan menjalankan haji dengan rute langsung menuju Arafah, dan kemudian Musdalifah, dan Mina.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini