Share

Jangan Kaget! Tak Hanya Padang Pasir, Arab Saudi Juga Punya 1.300 Pulau

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 28 Agustus 2017 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 28 599 1764570 jangan-kaget-tak-hanya-padang-pasir-arab-saudi-juga-punya-1-300-pulau-JPfCWcELSg.jpg

ARAB Saudi terkenal dengan gurun pasirnya yang sangat luas. Bahkan, negara tersebut sepertinya memang dicap sebagai negara gurun pasir. Tapi, anggapan tersebut sepertinya harus Anda koreksi. Kenapa begitu?

Salah satu fakta yang mungkin tidak banyak diketahui masyarakat adalah Arab Saudi memiliki banyak pulau-pulau kecil. Berdasar data yang dimiliki, ternyata Arab Saudi memiliki 1.300 pulau yang tersebar di Laut Merah dan Teluk Arab.

Ya, Arab Saudi juga punya pulau yang indah. Bahkan, beberapa di antaranya dijadikan sebagai lokasi wisata yang menyenangkan. Point interest dari pulau di Arab Saudi adalah beragamnya sifat geologi di sana. Entah mereka pulau berkarang indah, berpasir, atau pulau vulkanik. Tak hanya itu, ada juga pulau-pulau yang memiliki pantai bervariasi antara pasir lembut dan pegunungan berbatu tinggi.

(Baca Juga: Arab Saudi Habiskan Rp53,33 Triliun untuk Bangun Resor Megah)

Nah, salah satu pulau yang cukup populer adalah Pulau Farasan. Pulau tersebut yang terbesar di Arab Saudi. Pulau Farasan ini memiliki dari 200 pulau yang banyak dimanfaatkan untuk eksplorasi selam. Pulau Farasan sendiri memiliki luas wilayah sebesar 380 kilometer persegi.

Kemudian, ada Pulau Sajid. Pulau ini menempati urutan kedua dalam hal ukuran dengan luas 150 kilometer persegi. Diikuti Pulau Abu Ali di Teluk Arab yang memiliki luas pulau 59 kilometer persegi. Sementara itu, ada Pulau Batinah dengan luas 33 kilometer persegi dan Pulau Tarot yang membentang 20 kilometer persegi.

Dilansir dari Al Arabiya, Senin (28/8/2017), Pulau Farasan memiliki biota laut yang beragam secara ekologis yang hanya bisa ditemukan di beberapa pulau di seluruh dunia. Di sana juga terdapat banyak jenis burung, terumbu karang, dan kehidupan laut yang terbilang langka.

(Baca Juga: Setelah 25 Tahun, Arab Saudi Akhirnya Ngutang)

Batu Amber berlimpah di pulau itu. Kekayaan alam tersebut merupakan sumber pendapatan utama bagi banyak penduduk. Farsan juga kaya dengan pohon bakau pesisir. Selain itu, kondisi laut di pulau ini juga memiliki terumbu karang yang tidak biasa, seperti tanaman berbunga dan lamun.

Kura-kura dan burung laut juga ditemukan di pantai pulau itu. Jumlahnya pun banyak pada waktu tertentu dalam setahun. Pulau lainnya termasuk Amna, Kadmil, Pulau Kamah, Damask, Zafaf, Dushk, Safeed, dan Kira. Di antara pulau-pulau di Laut Merah, yang cukup terkenal adalah "Sanafir dan Tiran", yang terletak di dekat Teluk Aqaba.

Bicara mengenai pulau di Teluk Arab, teluk di sana terdiri dari 150 pulau, termasuk Abu Ali di utara Jubail, pulau terbesar di Teluk Arab. Teluk Arab juga menyimpan pulau-pulau terkenal di Arab Saudi, termasuk Batinah, Qarmah, Jannah, Musallamah, Al-Jarid, Daghina, Karan, dan Harkos.

(Baca Juga: Arab Saudi Akan "Sulap" 50 Pulau di Kawasan Laut Merah Jadi Resor Mewah)

Sementara itu, Harkos sendiri adalah salah satu pulau di Arab Saudi yang cukup penting bagi habitat alami bagi berbagai jenis burung dan kura-kura yang tinggal di Teluk Arab. Alarabiya adalah pulau terjauh di Teluk Arab. Tepatnya terletak di 50 mil laut dari pantai Saudi.

Tiga pulau Arab paling penting di selatan Teluk Arab dapat ditemukan di dekat pintu masuk Khor al-Adid di utara Ras Abu Qamis. Pulau itu adalah Hawisat, Huthba, dan Sayad. Jadi, tertarik untuk berlibur ke pulau-pulau yang ada di Arab Saudi?

(Baca Juga: Hotel Terbesar di Dunia dengan View Kakbah Bertarif Rp68 Juta per Malam)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini