Share

Perkenalkan Sadiq Bey, Orang Pertama yang Memotret Kakbah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 14 Agustus 2017 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 14 599 1755475 perkenalkan-sadiq-bey-orang-pertama-yang-memotret-kakbah-vS6ueW6zYr.jpg (Foto: Al Arabiyah)

TANAH suci identik dengan Kakbah. Kiblat umat muslim di seluruh dunia itu menjadi hal terpenting di Kota Makkah.

Penggambaran Kakbah sendiri banyak dipublikasi mereka yang pernah berkunjung ke sana. Mungkin, tanpa ada dokumentasi, umat Islam yang belum pernah ke Tanah Suci tidak mengetahui bagaimana bentuk dan rupa Kakbah.

Bicara mengenai dokumentasi Kakbah, tahukah Anda siapa orang yang pertama kali memotret tempat paling suci bagi umat Islam tersebut?

(Baca Juga: Di Depan Kakbah, Perempuan Misterius Beri Uang untuk Jamaah Indonesia)

Perlu Anda ketahui sebelumnya, fotografer dari seluruh dunia bersaing untuk menangkap gambar terindah dari tempat suci tertua di bumi itu. Karena adanya dokumentasi tersebut, rasanya hampir tidak ada orang di dunia ini yang belum pernah melihat wujud Kakbah.

Mungkin Anda harus berterima kasih kepada Mohammad Sadiq Bey dari Mesir. Sebab, dari dia lah awal pertama kali wujud Kakbah bisa terlihat bagi mereka yang sangat penasaran dengan kiblat itu. Ya, Sadiq adalah orang pertama yang berhasil mengabadikan Kakbah.

(Baca Juga: Fakta-Fakta Menarik Mengenai Kiswah, Kain Penutup Kakbah)

Dilansir dari Al Arabiya, momen bersejarah tersebut dia dapatkan saat berkunjung ke Makkah. Tepatnya sekira 138 tahun yang lalu atau tahun 1880-an. Menggunakan lensa kamera yang sengaja dia bawa, Sadiq mengabadikan Kakbah yang kemudian tersebar luar ke seluruh penjuru dunia.

Selain mengabadikan Kakbah, kedatangannya pertama kali itu juga dia manfaatkan untuk membuat buku mengenai kunjungannya ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Tak tanggung-tanggung, empat buku berhasil dia buat.

(Baca Juga: Kain Penutup Kakbah Bisa Jadi Jimat?)

Saat ini, berkat foto Kakbah Sadiq, selain ada gambar Kakbah yang bisa Anda bayangkan, foto tersebut juga banyak dimanfaatkan sebagai lukisan, hiasan rumah dari kain sutra berwarna hitam yang biasanya dipajang di ruang tamu atau ruang keluarga. Tak hanya itu, foto Sadiq juga biasa disandingkan dengan lukisan ayat-ayat Alquran.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini