nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengejutkan! 2 Jamaah Haji Asal Surabaya Bawa 25 Kg Jamu Kuat dan Rokok ke Tanah Suci

Rani Hardjanti, Jurnalis · Minggu 30 Juli 2017 00:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 30 398 1746406 mengejutkan-2-jamaah-haji-asal-surabaya-bawa-25-kg-jamu-kuat-dan-rokok-ke-tanah-suci-R2spVUGX4e.jpg Jamu kuat. (Rani H/Okezone)

MAKKAH - Ada-ada saja perilaku 2 jamaah haji Indonesia asal Indonesia ini. Kedua arek Suroboyo tersebut nekat membawa 25 kilogram (kg). Walhasil, obat kuat yang disimpan di dalam 2 tas itu dibongkar oleh otoritas di Bandara Prince Mohammad bin Abdul Aziz, Arab Saudi.

Sebetulnya, ini bukan kali pertama. Kejadian serupa pernah terjadi pada tahun lalu. 

Peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (28/07/2017) malam. Dua jemaah haji asal embarkasi Surabaya tertahan di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz setelah tasnya dibongkar dan kedapatan membawa rokok dan dua tas berisi jamu seberat 25 Kg.

Petugas PPIH Arab Saudi Hasyim Hilaby yang berada di lokasi mengisahkan, kedua orang asli Surabaya itu berinisial MA dan AA. 

“Saat jemaah berisial MA dan AA melewati pemeriksaan koper, petugas imigrasi Bandara Madinah menemukan jamu di dalam tas milik MA dan rokok dengan jumlah banyak di tas milik AA,” tutur Hasyim, mukimin asal Indonesia, seperti dikutip dari keterangan Kantor Urusan Haji Indonesia di Jedaah, Sabtu (28/7/2017).

Akibat kejadian tersebut, kedua jemaah itu sempat tertahan selama tiga jam karena harus diinterogasi petugas imigrasi Arab Saudi.

“Jamaah sempat tertahan selama tiga jam, akhirnya mereka berdua bisa keluar dibantu Kasektor Bandara Madinah dan Petugas Haji yang sedang bertugas di Bandara,” ujar Hasyim.

Kepada petugas, keduanya mengaku bahwa barang tersebut bukan miliknya, tetapi barang titipan milik jamaah lain yang masih di Indonesia. Seluruh petugas menyayangkan kejadian tersebut terus terjadi setiap tahunnya. (sym)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini