Share

Jamaah Haji Gelombang ke-2 Menuju Jeddah

Akmal Irawan, Jurnalis · Rabu 14 November 2012 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2012 11 14 398 718562 zToUA5KYxw.jpg

JEDDAH - Hari ini, secara bertahap jamaah haji gelombang dua, yang berada di Madinah diberangkatkan menuju Jeddah untuk proses pemulangan ke tanah air. Proses keberangkatan menuju ke Jeddah dilakukan, setelah barang bawaan jamaah menjalani proses penimbangan.

Sekretaris Daker Madinah Sofwan Abdul Djani mengatakan, keberangkatan pada hari ini, di mulai pada pagi tadi hingga berlangsung malam. Jamaah yang berangkat sebanyak 10 kloter, kecuali kloter Medan- MES 14 dijadwalkan berangkat hari ini.

Follow Berita Okezone di Google News

"Kloter asal Medan MES 14, telah diberangkatkan pada hari Selasa kemarin pukul 16.30 waktu Arab Saudi," ungkap Sofwan Abdul Djani, Rabu (14/11/2012).

Untuk hari ini, 10 kloter diberangkatkan dari Madinah diantaranya  Solo-S0C 49, Palembang-PLM 13, Padang-PDG 14, Ujung Pandang UPG 23.

Sofwan Abdul Djani menambahkan, jamaah yang tiba di Jedaah, akan berada 24 jam di hotel transito Jeddah. "Sebelum berangkat menuju ke tanah air melalui bandara Jeddah, jamaah akan berada di hotel transito selama satu hari," Jelasnya.

Sementara itu, untuk tas koper barang bawaan jamaah nantinya akan diperiksa kembali melalui penimbangan dan exray untuk memastikan berat beban tidak boleh melebihi 32 kg, air zam-zam dan benda terlarang lainnya seperti benda tajam. "Kami tidak memiliki alat exray, jadi pengecekan ulang barang bawaan jamaah akan dilakukan oleh pihak bandara," tambah Sofwan.

Jika ditemukan air Zam-zam dan benda yang tidak diperbolehkan untuk dibawa penerbangan. "Risiko dari jamaah, jika nanti terpaksa dibongkar koper-nya jika ditemukan air zam-zam, karena telah diimbau sebelumnya," tegas Sofwan.

Sejauh ini, dari hasil penimbangan dan pemeriksaan barang bawaan sebelumnya di pemondokan ditemukan berbagai barang tambahan. "Ditemukan seperti sajadah, baju, dan barang lainnya yang harus ditinggal karena melebihi ketentuan berat batas 32 kg," tutupnya.

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini