nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Arab Saudi, Wanita Jangan Naik Taksi Duluan!

Syukri Rahmatullah, Jurnalis · Sabtu 01 Oktober 2011 08:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 09 30 398 509338 dg1PGTATah.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

MAKKAH - Ladies first tampaknya tidak berlaku di Arab Saudi. Bukan karena tidak menghormati wanita, tapi justru hal ini untuk keselamatan wanita itu sendiri. Inilah salah satu tip dalam bertransportasi bagi jemaah haji di Arab Saudi.

 

Saran ini disampaikan Kepala Bidang Keamanan Panita Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Kolonel Bambang Siswoyo, saat berbincang dengan Okezone belum lama ini di Makkah.

 

Dia menjelaskan, jika hendak bertransportasi dengan menggunakan taksi atau transportasi lainnya baik di Makkah, Madinah, atau tempat lainnya, sebaiknya untuk pasangan suami istri agar waspada. Dahulukan suami untuk naik taksi terlebih dahulu. Jika hendak turun dari taksi, istri yang turun lebih dulu.

 

Hal ini dilakukan untuk menghindari penculikan dan pemerkosaan yang dilakukan kepada wanita. Karena modus melarikan wanita dengan taksi kadang terjadi.

 

Kedua, jika hendak bepergian sebaiknya wanita tidak sendirian. Ajak teman Pengamanan naik turun lift, sebaiknya jangan sendirian. Misalnya naik hotel, jangan naik sendirian. Demi keamanan.

 

Ketiga, jika hendak ke masjidil haram atau masjid lainnya sebaiknya tidak perlu membawa banyak barang berharga. Bawa uang secukupnya, tidak perlu berlebihan. Keempat, barang-barang yang ditinggal di pemondokan sebaiknya dikunci. Sebelum meninggalkan kran air dimatikan, colokan listrik juga dicabut.

 

Dalam kesempatan itu, Bambang juga mengingatkan bagi yang baru melaksanakan haji agar mempersiapkan segala sesuatunya untuk ibadah. Bagi yang sudah pernah, ada baiknya membagi ilmunya kepada yang baru. "Jangan takabur, terus jangan jalan sendirian," tutupnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini