nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

berita terbaru
  • Pantau Pelayanan terhadap Haji Khusus di Madinah

    Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar melakukan pemantauan atas pelayanan terhadap haji khusus di Madinah. Bersama dengan Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus UHK Kementerian Agama Arfi Hatim dan Direktur Bina Haji Khoirizi Dasir, Dirjen Nizar mengunjungi Hotel Shaza, Madinah. Hotel ini sangat dekat dengan Masjid Nabawi. Ada sekira 15 Penyelenggara Ibadah Haji Khusus PIHK ini. Hasil pantauan Dirjen Nizar, jamaah sudah mendapat layanan sesuai dengan kontrak yang disepakati dengan PIHK. Foto: Okezone Widi Agustian

    24 Agustus 2019
  • 421 Jamaah Haji Kloter 41 Embarkasi Surabaya Tiba di Madinah

    Jamaah haji Indonesia kloter 41 dari embarkasi Surabaya SUB 41 tiba di Madinah sekira pukul 13.30 waktu Arab Saudi. Kloter ini mengawali kedatangan jamaah haji gelombang dua di Kota Madinah. SUB 41 ini terdiri dari 421 jamaah. Di Madinah, mereka tinggal di Hotel Gulnar Taibah. Para jamaah yang tiba di sini diprogramkan untuk menjalankan ibadah arbain, atau salat berjamaah sebanyak 40 waktu berturut-turut tanpa terputus.

    22 Agustus 2019
  • Mina Direnovasi, Kapasitas Jamaah Haji Indonesia Bakal Ditambah

    Ikhtiar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin agar Saudi mempercepat renovasi Mina mulai menemukan titik terang. Bidang Masyair Kementerian Haji dan Umrah Saudi mengundang Panitia Penyelenggara Ibadah Haji PPIH Arab Saudi guna membahas rencana peningkatan kualitas manasik dan layanan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina Armuzna , di Kantor Kementerian Haji Cabang Awaly, Makkah hari ini, Senin 19 Agustus 2019. Acara ini merupakan tindaklanjut dari pertemuan Menag Lukman dengan Menteri Haji dan Umrah Saudi, Muhammad bin Saleh Banten. Hadir mewakili Misi Haji Indonesia, Ketua PPIH Arab Saudi Endang Djumali, Kepala Bidang Perlindungan Jemaah dan Satuan Operasional Armuzna Jaetul Muchlis, Kabid Transportasi Asep Subhana, dan tim Bidang Ibadah Daker Makkah. Dari pihak Saudi, hadir Penasehat Khusus Bidang Masyair Syeikh Muhamad Mihrab Jam, Anggota Penasehat Bidang Masyair Syeikh Dr. Muhyi Zakaria Bukhori, dan anggota Syeikh Hani Ali Qurban.

    20 Agustus 2019
  • Pasar Jafaria Diserbu Jamaah Usai Puncak Haji

    Usai puncak ibadah haji, jamaah haji kita mulai fokus untuk membeli buah tangan. Pasalnya, jamaah haji akan segera meninggalkan Kota Makkah. Jamaah haji gelombang pertama selepas puncak haji akan pulang, sementara jamaah gelombang dua akan menuju Madinah. Salah satu yang menjadi sasaran jamaah haji untuk membeli oleh-oleh adalah Pasar Jaafaria.

    20 Agustus 2019
  • Koper-Koper Jamaah Haji Indonesia Ditimbang Sebelum Diberangkatkan

    Jamaah haji Indonesia mulai dipulangkan pada Sabtu 17 Agustus 2019. Akan ada 13 kelompok terbang yang diberangkatkan untuk pulang pada tanggal tersebut. Sebelum itu, para jamaah haji tersebut diharuskan menimbang terlebih dahulu koper-kopernya yang akan diberangkatkan terlebih dahulu. Paling tidak 48 jam sebelum diberangkatkan, koper-koper tersebut sudah ditimbang. Sesuai ketentuan, berat koper maksimum 32 kilogram kg , sementara berat barang yang dibawa ke kabin 7 kg.

    16 Agustus 2019
  • Suasana Masjidil Haram saat Jamaah Haji Thawaf Ifadah

    Masjidil Haram dipadati jamaah haji yang ingin melakukan thawaf ifadah pada Rabu 14 8 2019 pukul 15.30 WAS. Jamaah haji terlihat berjalan mengitari kakbah. Thawaf ifadah dilakukan jamaah haji setelah melakukan mabit di Mina dan melontar jumrah.

    15 Agustus 2019
  • Situasi Jamarat Lokasi Jamaah Lempar Jumrah

    Situasi jamarat yang merupakan tempat lempar jumrah pada Selasa 13 8 2019 pukul 02.00 WAS. Di lantai 3 jamarat yang merupakan lokasi jamaah Indonesia melempar jumrah terpantau masih sepi. Jamaah haji Indonesia yang melakukan nafar awal akan menuntaskan ibadah hajinya hari ini yang bertepatan dengan 12 Dzulhijah 1440 H. Mereka mulai datang pada tengah malam untuk melempar jumrah.

    13 Agustus 2019
  • Temui Gubernur Makkah, Menag Terus Dorong Renovasi Perbaikan Mina

    Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bertemu Gubernur Makkah Khalid al Faisal bin Abdulaziz. Pertemuan berlangsung kurang lebih lima belas menit di Imarat-Makkah, Mina. "Saya meminta penambahan daya tampung tenda-tenda dan toilet di Mina bagi jemaah Indonesia dengan cara meningkatkan bangunan tenda dan toilet," terang Menag di Mina, Senin 12 Agustus 2019 malam. Pertemuan ini merupakan kali pertama antara Gubernur Makkah dengan Menteri Agama Indonesia. Gubernur Makkah adalah penasihat raja dan Rais Lajnatul 'Ulya dalam penyelenggaraan ibadah haji. Kepada Gubernur Makkah, Menag juga mengusulkan agar layanan fast track diperluas. Tahun ini, layanan tersebut hanya diberlakukan bagi embarkasi Jakarta. Menag tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Mekkah atas peningkatan kualitas layanan kepada jemaah haji Indonesia. Gubernur Makkah merespons positif usulan Menag. Menurutnya, layanan sudah mulai dikembangkan, dari sebelumnya hanya Indonesia dan Malaysia, tahun ini diberlakukan juga Pakistan, Bangladesh, dan India. Terkait pemberlakuan di seluruh embarkasi di Indonesia, masih dikaji karena menyangkut ketersediaan SDM. Berkenaan renovasi Mina, Gubernur Makkah mengatakan bahwa saat ini sudah dibentuk Lembaga atau Dewan Khusus proyek Mina dan Arafah. Dewan ini diketuai langsung Putra Mahkota, Pangeran Muhammad bin Salman.

    13 Agustus 2019
  • Hujan Kembali Guyur Kota Makkah

    Hujan lebat turun sampai mengguyur Mina dan Jamarat. Hujan turun sejak pukul 15.00 hingga sekira pukul 17.00 WAS. Alhasil, terlihat genangan air mulai terlihat di jalan-jalan. Lokasi jamarat pun mulai ramai dikunjungi para jamaah haji.

    13 Agustus 2019
  • Temui Menteri Agama di Arafah, Putra Mbah Moen Ucapkan Terima Kasih

    Taj Yasin Maimoen menemui Menteri Agama Menag Lukman Hakim Saifuddin di tenda, di Arafah, Sabtu 10 Agustus 2019. Pada kesempatan itu, putra KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen tersebut mengucapkan terima kasih kepada Menag. "Kami secara langsung, live streaming kami lihat keberadaan pak menteri. Mulai dari rumah sakit hingga pemakamam. Kami ucapkan terima kasih," kata Gus Yasin di Arafah. Gus Yasin melanjutkan, dirinya sebenarnya telah bertemu dengan Menag. Tapi, pertemuan tersebut tampaknya belum dilakukan secara pribadi.

    12 Agustus 2019
  • Sidak Tenda Jamaah, Menag Layani Permintaan Foto Bersama

    Menteri Agama Menag Lukman Hakim Saifuddin yang juga Amirul Hajj, meninjau kondisi jamaah haji Indonesia di tenda-tenda Arafah. Ada beberapa hal yang dicermati oleh Menag yang datang dengan sudah mengenakan ihram ini. Salah satunya adalah distribusi tenda di Maktab 75 yang ditempati jamaah embarkasi Solo SOC . Dirinya melakukan pemeriksaan jelang wukuf di Arafah yang merupakan puncak haji, dan berlangsung pada Sabtu 9 Dzulhijah atau 10 Agustus. Beberapa kali dia masuk ke dalam tenda. Dia juga mengecek AC di dalam tenda-tenda tersebut. Selain itu, Menag juga meninjau kamar mandi yang dipergunakan jamaah. Tidak lupa dia pun menyambangi dapur, tempat memasak untuk jamaah.

    10 Agustus 2019
  • Lebih dari 35 Ribu Jamaah Haji Indonesia Laksanakan Tarwiyah

    Sebanyak lebih dari 35.000 jamaah haji Indonesia akan melaksanakan ibadah tarwiyah. Salah satunya jamaah dari kloter 8 Embarkasi Solo SOC yang bersiap berangkat dari hotel di Makkah ke Mina pada Kamis 8 April 2019 sore. Ada sekira 300 jamaah dari kloter ini yang akan menjalankan tarwiyah. Untuk menjalankan ibadah sunah yang tidak difasilitasi pemerintah ini, para jamaah harus mempersiapkan sendiri keperluannya. Termasuk untuk transportasi dan katering. Untuk itu, mereka mengeluarkan dana sekira 165 riyal Arab Saudi untuk layanan tersebut.

    10 Agustus 2019
  • Ini Pasar Musiman di Kota Makkah yang Jual Aneka Menu Khas Jawa

    Pasar musiman di Kota Makkah, tepatnya di kawasan Taisir, Jarwal, ini selalu ramai pada pagi hari. Meski begitu, ada juga yang berjualan pada malam hari. Umumnya, penjual di sini adalah mukimin Indonesia yang telah lama tinggal di Arab Saudi. Dagangan andalannya adalah menu khas Jawa, Indonesia. Berbagai makanan seperti bakso, urap, nasi kuning, bakwan dan berbagai gorengan juga tersaji di sini. Pasar ini pun selalu ramai dikunjungi para jamaah haji Indonesia. Alhasil, pedagang bisa meraup untung 1.000-1.500 riyal tiap hari.

    3 Agustus 2019
  • Menag Lukman Hakim Pimpin Rapat Bahas Teknis Kunjungan ke Jamaah Haji

    Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin memimpin rapat jadwal kegiatan Amirul Hajj di Kantor Urusan Haji Indonesia, Makkah, Kamis 1 Agustus 2019. Delegasi Amirul Hajj akan turun langsung ke hotel-hotel jamaah haji Indonesia dengan tujuan untuk memotivasi para jamaah. Dalam kesempatan ini, Menag mengatakan, tim Amirul Hajj telah melakukan rapat untuk membahas teknis kunjungan ke jamaah. Baca Juga Artikel: Delegasi Amirul Hajj Turun Langsung Motivasi Jamaah Haji Indonesia

    2 Agustus 2019
  • Jamarat Jadi Titik Fokus Petugas Haji Indonesia di Arab Saudi

    Panitia Penyelenggara Ibadah Haji PPIH telah memetakan titik-titik kritis jamaah haji Indonesia, baik itu dari sisi lokasi maupun dari sisi waktu. "Titik-titik krisis sudah kita upayakan untuk kita petakan," kata Kepala Satuan Operasi Armuzna PPIH 2019 Jaetul Muchlis di Makkah, Kamis 1 8 2019 . Dia menyebutkan, titik kritis yang dimaksud adalah di Jamarat, saat waktunya jamaah haji melempar jumrah aqabah. "Titik krisis ini berkaitan dengan regulasi Arab Saudi, misalkan waktu kritis tanggal 10 Dzulhijjah awal pertama jemaah lontar jumroh aqobah, biasa di situ ada waktu-waktu yang menurut pemahaman dan keyakinan merupakan waktu afdol. Ini waktu kritis bagi kami petugas Tim Mobile Crisis," kata dia. Karena itu, dia meminta jamaah haji untuk mengetahui kapan waktu terlarang untuk jamaah haji Indonesia melakukan lempar jumrah. "Penting kiranya bagi jemaah haji kita menghindari waktu kritis atau waktu terlarang bagi jemaah haji, dengan melihat keamanan, dengan melihat kondisi jemaah haji, dengan melihat posturnya apalagi jemaah haji kita lebih dari 60 persen dalam kondisi risti dan lansia," kata dia.

    1 Agustus 2019
  • Ketika Menag Lukman Hakim Berada di Antara Jamaah Haji saat Umrah Wajib

    Menteri Agama Menag Lukman Hakim yang juga Amirul Hajj telah tiba di Makkah. Menag beserta rombongan langsung melaksanakan umrah wajib sebagai bagian dari ibadah haji yang dilaksanakannya Menag bercerita, umrah wajib yang dilakukan rombongannya berlangsung lancar. Dirinya memulai umrah pada Kamis 1 8 2019 sekira pukul 02.45 waktu Arab Saudi. Dia mengaku melaksanakan thawaf dan sai dengan lancar walau kondisi Masjidil Haram sudah padat. Menag berharap penyelenggaraan haji tahun ini lebih baik dari sebelumnya. Sebagai Amirul Hajj, dia pun berdoa agar pelaksanaan haji tahun ini berlangsung aman, tertib dan lancar.

    1 Agustus 2019
  • Menag Lukman Hakim Bersama Rombongan Amirul Hajj Tiba di Arab Saudi

    Menteri Agama Menag Lukman Hakim bersama rombongan Amirul Hajj mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah, Arab Saudi. Ia meminta para jamaah agar fokus pada puncak ibadah haji. Ia juga meminta jamaah untuk pandai-pandai mengukur diri sendiri. Setibanya di Bandara Jeddah, Menag memanfaatkan untuk memantau proses penerimaan jemaah. Menurut dia, proses di bandara dengan sistem fast track sangat cepat di Imigrasi Bandara Jeddah. Baca Juga Artikel: Rombongan Amirul Hajj Tiba di Saudi, Menag Imbau Jamaah Istirahat Cukup

    31 Juli 2019
  • Begini Penanganan Jamaah yang Alami Kondisi Darurat Medis di Masjidil Haram

    Hampir seluruh jamaah dari berbagai negara telah tiba di Makkah-Arab Saudi. Begitu pun dengan jamaah asal Indonesia. Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu Siskohat per awal pekan ini 28-29 Juli 2019 , saat ini sudah lebih dari 162 ribu jamaah haji Indonesia tiba di Arab Saudi. Aktivitas jamaah haji seluruh dunia termasuk Indonesia saat ini sudah mulai terpusat di Masjidil Haram, Makkah. Dengan tingkat kepadatan jamaah semakin meningkat tentu menyebabkan beban fisik pun menjadi bertambah. Prosesi Tawaf dan Sai yang mengandalkan fisik tentu akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh masing-masing jamaah. Dengan adanya riwayat penyakit sebelumnya ditambah faktor usia, kelelahan tentunya akan berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan yang terjadi dapat berupa kondisi darurat medis. "Beberapa kondisi darurat yang kami temukan antara lain menurunnya tekanan darah akibat kurangnya asupan makan dan minum sebelum beraktivitas atau ada faktor penyakit lainnya, terjatuh saat menaiki eskalator sehingga menyebabkan terluka, sesak nafas, nyeri ulu hati hingga mengalami mual muntah, dan ada juga yang serangan jantung," jelas dr. Hafidh Hanifudin, salah seorang personel Tim Pertolongan Pertama Pada Jamaah Haji P3JH Kementerian Agama RI yang bertugas di Masjidil Haram. "Dalam menolong jamaah yang mengalami kondisi darurat medis yang butuh penanganan intervensi kami berkoordinasi dengan Tim Gerak Cepat TGC Kementerian Kesehatan yang ditempatkan di terminal Syib Amir, dan juga dengan tim medis emergensi Arab Saudi yang ada di beberapa titik Masjidil Haram," tambah dr. Hafidh. "Permasalahan penanganan kondisi darurat medis di Arab Saudi adalah karena kita berada di negara orang lain, di mana tuan rumah tentu memiliki otoritas terkait penanganan jamaah yang mengalami kondisi darurat. Namun tim P3JH memprioritaskan evakuasi jamaah yang mengalami kondisi darurat ke fasilitas kesehatan yang dimiliki Tim TGC. Selanjutnya jamaah akan dirujuk ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia KKHI . Jika memang perlu dirujuk ke rumah sakit, tim KKHI yang akan mengkoordinasikan dengan rumah sakit Arab Saudi. Kendala bahasa sering menjadi kendala dalam koordinasi dengan tim medis Arab Saudi," terang dr. Mahesa Paranadipa, Wakil Koordinator Tim P3JH Arab Saudi 2019. "Namun tetap kita menghormati otoritas tuan rumah yang tentunya juga didukung tim medis dan sarana prasarana kesehatan yang telah disiapkan untuk melayani jamaah haji dari seluruh dunia," tambah dr. Mahesa. Saat ini tercatat di data Siskohat sebanyak 30 jamaah Indonesia wafat di Arab Saudi. Tidak ada keterangan penyebab wafatnya. Jumlah ini dikhawatirkan akan bertambah jika kondisi-kondisi yang berisiko tidak mendapat perhatian serius dari seluruh pihak sehingga menimbulkan kondisi darurat. Foto: Tim P3JH Kementerian Agama RI

    30 Juli 2019
  • Peresmian Penggunaan AC di Tenda Arafah bagi Jemaah Haji

    Acara malam peresmian penggunan AC di tenda Arafah yang berlangsung di Makkah, Senin 29 Juli 2019. Acara ini dihadiri perwakilan misi haji dari negara-negara Asia Tenggara. Dari Indonesia, hadir Direktur Pelayananan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim, serta Ketua PPIH Arab Saudi Endang Djumali. Ketua Muassasah Asia Tenggara M Amin Indragiri mengatakan, penyediaan fasilitas berupa AC di tenda Arafah terkait kehidupan jemaah haji, bukan untuk foya-foya. Pasalnya, dalam tiga tahun terakhir, rata-rata ada 70 jemaah haji yang meninggal pada rentang tanggal 8-9 Zulhijjah Arafah , salah satunya karena suhu yang panas.

    30 Juli 2019
  • Intip Lima Masjid Bersejarah Peninggalan Perang Khandaq Zaman Rasulullah SAW

    Sejumlah jamaah berziarah ke masjid peninggalan perang Khandaq di Madinah, Arab Saudi. Sisa peninggalan perang Khandaq di Madinah berupa lima buah masjid yang kini bisa terlihat. Masjid di tempat itu sekarang dikenal dengan nama Masjid Sab ah atau Masjid Khamsah Masjid Lima , yang terdiri dari Masjid Fatah, Masjid Salman, Masjid Umar, Masjid Ali dan Masjid Fatimah. Baca Juga: Ziarah ke 5 Masjid Peninggalan Perang Khandaq

    28 Juli 2019
  • Muassasah Asia Tenggara Menyetujui Konsep Penomoran Tenda untuk Jamaah Haji Indonesia

    Muassasah Asia Tenggara menyetujui konsep penomoran tenda untuk jamaah Indonesia di Arafah dan Mina pada puncak ibadah tahun ini. Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis menyebut Dirjen PHI Nizar Ali pihaknya telah bertemu dengan pihak Muassasah Asia Tenggara untuk membahas persiapan Armuzna Arafah Muzdalifah dan Mina . Penomoran ini dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi jemaah untuk mengenali tempat tinggal nya selama masa puncak haji masyair . Di samping itu, ini juga diharapkan dapat memudahkan petugas untuk memberikan pelayanan selama masyair. Foto: Kemendag style type "text css" p.p1 margin: 0.0px 0.0px 0.0px 0.0px font: 12.0px Helvetica color: 454545 p.p2 margin: 0.0px 0.0px 0.0px 0.0px font: 12.0px Helvetica color: 454545 min-height: 14.0px style

    27 Juli 2019
  • 3 Jamaah Haji yang Sakit Dievakuasi dari Madinah menuju Makkah

    Tiga jamaah haji Indonesia yang sakit dievakuasi dari Madinah menuju Makkah menggunakan mobil ambulans pada Rabu 24 Juli 2019. Tiga jamaah tersebut berasal dari embarkasi Surabaya, Jakarta, dan Lombok. Mereka mengalami pasca-stroke, asma dan nyeri di dada. Di dalam ambulans, para jamaah ini dibantu membaca niat hingga salat sunat ihram oleh petugas haji pembimbing ibadah.

    25 Juli 2019
  • Makanan Jamaah Haji Indonesia Dipastikan Pakai Bahan Berkualitas Tinggi

    Pengendali Teknis Pelayanan Luar Negeri Sri Ilham Lubis melakukan melakukan inspeksi di salah satu katering penyedia makanan untuk jamaah haji di Indonesia, Selasa 23 Juli 2019. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji PPIH memastikan bahan baku yang digunakan untuk memasak makanan, yang akan disajikan ke jamaah haji berkualitas tinggi. Sri Ilham memastikan semua proses penyimpanan bahan baku hingga memasak berjalan dengan baik dan higienis. Dia menyebut, bahan baku untuk ayam berasal dari Arab Saudi, daging dari Brasil. Sementara ikan berasal dari Indonesia, yakni ikan patin. Baca Juga Artikel: Sri Ilham Lubis: Makanan Jamaah Menggunakan Bahan Berkualitas Tinggi

    23 Juli 2019
  • Mengintip Hotel dan Fasilitas yang Diterima Jamaah Haji Khusus

    Kepala Seksi Pengawasan PIHK Madinah Ali Machzumi melakukan kunjungan ke hotel tempat jamaah haji khusus menginap untuk memastikan fasilitas yang diterima sesuai dengan aturan dan kontraknya. Kamar yang ditempati jamaah haji khusus minimal berisi 4 jamaah. Walau begitu, ada juga kamar yang berisi 2 atau 3 jamaah, tergantung kontrak antara jamaah dengan perusahaan travel. Kamar juga dilengkapi teh dan kopi. Jamaah haji khusus juga mendapat jatah makan 3 kali sehari. Di mana semua makanan dihidangkan secara prasmanan. PIHK juga menyediakan sendiri layanan kesehatan. Di mana tiap 90 jamaah, wajib disediakan minimal 1 dokter. Begitu juga dengan pasokan obat-obatan, mereka membawa stok sendiri.

    23 Juli 2019
  • Peta Ini Perlihatkan Alur Pergerakan Perang Uhud

    Jamaah Haji melihat sebuah peta terpampang di sebuah dinding di areal lokasi ziarah Jabal Uhud pada Minggu 21 7 2019 . Peta tersebut, kurang lebih, menceritakan alur pergerakan perang Uhud.

    22 Juli 2019
  • Jamaah Haji Padati Lokasi Ziarah Jabal Uhud

    Jamaah haji dari berbagai negara mulai memadati lokasi ziarah Jabal Uhud pada Minggu 21 7 2019 . Jabal Uhud sendiri memiliki tinggi sekira 1.050 meter. Lokasinya di sebelah utara Kota Madinah, Arab Saudi. Jabal Uhud membentang sepanjang 7 km dan terdiri dari batu-batuan granit, marmer merah dan batu-batu mulia.

    22 Juli 2019
  • Dibandingkan Tahun Sebelumnya, Penyelenggaraan Haji Tahun Ini Dinilai Lebih Baik

    Direktur Jenderal Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar melakukan pengecekan terhadap penyelenggaraan haji di Madinah pada Sabtu 20 Juli 2019. Dirjen mengatakan, pelayanan sudah sesuai dengan perencanaan. Kendala, kata dia, memang ada tapi tidak berarti dan sudah bisa teratasi. Pelayanan tas jemaah dia menjelaskan sudah lancar. Di mana tas tersebut sudah diangkat sampai ke kamar. Bimbingan ibadah juga sudah baik seminggu dua kali. Menurutnya, jika dibandingkan tahun sebelumnya tahun ini lebih baik. Di mana prinsip dalam penyelenggaraan ibadah haji setiap tahun harus ada peningkatan pelayanan.

    21 Juli 2019
  • Dirjen PHU Nizar Ali Pantau Evakuasi 2 Jamaah Haji yang Sakit

    Dua jamaah haji yang sakit dan dirawat diberangkatkan dari Madinah hingga Makkah pada Sabtu 20 Juli 2019 sore. Jamaah haji tersebut sudah berpakaian ihram. Mereka akan diantarkan dengan mobil ambulans yang akan berhenti sejenak di lokasi miqat, Bir Ali. Pemberangkatan jamaah haji yang sakit ini akan didampingi tim medis dengan peralatan lengkap dan konsultan ibadah yang akan membimbing mereka mengucapkan niat di tempat miqat. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah PHU Nizar Ali tampak memantau proses evakuasi tersebut. Tampak hadir mendampingi Dirjen, Kepala Daker Madinah Ahmad Jauhari hingga Direktur KKHI Madinah dr Amsyar Akil.

    21 Juli 2019
  • Begini Suasana Masjid Nabawi Sebelum & Sesudah Salat Jumat

    Suasana Masjid Nabawi, Madinah, sebelum dan sesudah salat Jumat, pada Jumat 19 Juli 2019. Sebelum salat Jumat, jamaah haji tampak mulai memasuki areal Masjid Nabawi. Mereka berwudhu, mengisi air minum hingga menunggu salat dilaksanakan. Setelah salat, ribuan jamaah serentak keluar masjid. Areal depan Masjid Nabawi terlihat padat oleh jamaah dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

    20 Juli 2019
  • Ini Kakek Berusia 94 Tahun yang Diundang Raja Salman untuk Ibadah Haji

    Dubes Arab Saudi untuk Indonesia HE Esam Abid Althaqafi berfoto bersama Kakek Uhi di kantornya, alan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al Saud mengundang kakek berusia 94 tahun beserta anggota keluarganya untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci pada tahun ini. Undangan tersebut hadir setelah video Kakek Uhi beserta sejumlah anggota keluarganya yang meminta Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman memberangkatkan mereka ibadah haji mendadak viral. Baca Juga Artikel: Raja Salman Undang Kakek Uhi Tunaikan Ibadah Haji Setelah Videonya Viral

    19 Juli 2019