Ingin Tahu Isi Kakbah? Begini Tiang Penyangga di Dalamnya
Rani Hardjanti, Jurnalis · Minggu, 17 September 2017 - 06:13 wib
(Tiang Penyangga Kakbah Tahun 65 Masehi (Foto: Rani/Okezone))

MAKKAH - Kakbah, yang menjadi kiblat umat Islam di dunia merupakan bangunan yang sangat sakral. Karenanya, tidak sembarangan orang bisa masuk dan melihat isi di dalam Kakbah.

Namun jangan khawatir. Pemerintah Arab Saudi memperlihatkan isi Kakbah yang tersimpan rapi pada Museum Al Haramain, yang terletak di perbukitan Ummul Joud, Kota Makkah. Di sana juga terdapat barang-barang bersejarah yang pernah digunakan di Masjidil Haram, seperti puncak kubah menara, pintu kakbah, kiswah dan tangga khusus masuk ke dalam Kakbah.

Di sana tersimpan sejarah perkembangan Masjidil Haram dari tahun ke tahun. Salah satunya adalah tiang yang pernah mengisi Kakbah.

Berdasarkan pantauan Okezone, tiang tersebut berwarna cokelat. Fungsinya adalah menopang atap Kakbah. Sayangnya tidak dituliskan keterangan berapa ketinggian tiang tersebut.

Isi Kakbah merupakan ruangan kosong. Di sana terdapat tiga pilar dari kayu gaharu terbaik. Ketiga pilar ini berjejer lurus dari utara ke selatan.

Berdasarkan literasi yang ditulis oleh Dr Muhammad Syafii Antonio M.Ec dalam buku Cerdas Haji dan Umrah Mabrur itu Mudah dan Indah menyebutkan, pada awal 2000-an bagian bawah tiga pilar tersebut retak lalu diperbaiki dengan diberi kayu melingkar di sekelilingnya.

Lantai di dalam kakbah dibuat dari batu pualam putih. Atapnya dipenuhi ukiran-ukiran nan menganggumkan, berhiaskan lampu-lampu indah yang terbuat dari emas murni dan dari perhiasan-perhiasan indah lainnya.

Permukaan dinding dalam kakbah berasal dari batu pualam warna-warni dan berhiaskan ukuran khas arab di sana ada tujuh papan yang menempel bertuliskan nama-nama orang yang pernah merenovasi atau menambahkan sesuatu di dalam Kakbah atau Masjidil Haram.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming