Jamaah Ini Gemuk Tak Wajar, Setelah Dicek Badannya Ditempeli Oleh-Oleh Haji
Rani Hardjanti, Jurnalis · Sabtu, 16 September 2017 - 18:58 wib
((Foto: Rani Hardjanti/Okezone))

JEDDAH - Kepulangan jamaah haji ke Tanah Air harus mengikuti peraturan penerbangan yang berlaku sesuai standar internasional, salah satunya mengenai berat barang bawaan penumpang. Sehingga berat bawaan jamaah menjadi salah satu fokus petugas haji di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi.

Aturan yang diterapkan adalah jamaah haji hanya diperbolehkan membawa 2 tas, yakni tas di bagasi seberat maksimal 32 kg dan tas di kabin 7 kg.

Satu per satu jamaah yang masuk ke dalam plaza bandara akan disisir barang bawaannya. Jamaah yang membawa lebih dari 1 tas di dalam kabin akan diminta menepi dan merapikan barang agar menjadi 1 tas saja.

(Baca Juga: Duh, Barang Oleh-Oleh Jamaah Haji Banyak Overweight)

Sangat banyak jamaah yang kedapatan membawa banyak barang ke dalam kabin. Mereka rata-rata membawa oleh-oleh di dalam plastik. Saat penyisiran, banyak serba-serbi yang dilakukan oleh para jamaah. Misalnya, salah satu jamaah dari Palembang yang satu ini.

Ketika masuk ke dalam pintu penyisiran jamaah, dia tampak gemuk tidak wajar. Penampilannya seperti tokoh Bagong dalam pewayangan. Setelah dicek petugas, ternyata badannya diisi dengan kantong-kantong oleh-oleh lalu ditutupi kain ihram.

Barang-barang tersebut digantungkan di pinggang, perut, hingga punggung. Tak pelak situasi itu mengundang gelak tawa para jamaah dan petugas di sekelilingnya. Bapak itu diberi kesempatan untuk memilah barang yang akan dibawa pulang ke Tanah Air.

(Baca Juga: Fenomena 'Tas Beranak', Barang Bawaan Jamaah Haji Akan Dirazia Petugas)

Akhirnya, jamaah asal Pelambang itu merelakan sebagian 'lemak di badannya' ditinggalkan. Tampak sejumlah kantong plastik dicopoti satu per satu dan dibiarkan tergeletak di dekat pintu masuk. Bapak itu pun tampak proporsional dan melenggang masuk ke dalam gate penerbangan.

Kepala Daerah Kerja Bandara Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Arsyad Hidayat mengingatkan agar jamaah mengikuti aturan yang berlaku mengenai bawaan jamaah hanya 2 tas, yakni di bagasi dan kabin.

"Jika kedapatan (membawa barang) lebih, itu akan ter-sweeping pihak maskapai," ujar Arsyad.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming