Setelah Khusyuk Masuk Goa Hira, Jamaah Ini Kehilangan Dompet
Rani Hardjanti, Jurnalis · Rabu, 13 September 2017 - 15:56 wib
(Gua Hira ()

MAKKAH - Gua Hira di Jabal Al Nour, Kota Makkah, menjadi salah satu incaran wisata ziarah bagi jamaah Indonesia. Gua Hira menjadi salah satu saksi bisu, di mana Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu pertama kalinya melalui malaikat Jibril.

Untuk menuju gua Hira, jamaah perlu menaiki gunung batu dengan lebih dari 1.100 anak tangga. Jalan terjal dan menukik menjadi satu-satunya akses menuju Jabal Al Nour.

Setiba di puncak gunung, jamaah dapat memasuki goa Hira, tanpa pengawalan polisi Arab Saudi. Tapi jangan ditanya soal ketertiban. Banyak jamaah yang naik ke puncak bukit karena ingin masuk dan merasakan khidmatnya Rasulullah saat dimintakan membaca ayat Iqro ini.

Tidak mudah untuk bisa masuk ke dalam goa. Jamaah harus berdesak-desakan, karena memang tempatnya yang terbatas. Setidaknya, jamaah perlu meliukkan badan di antara batu-batu besar. Di dalam goa pun hanya cukup untuk tiga orang berdempetan.

Rata-rata jamaah merasa puas ketika sudah memasuki Goa Hira. Namun tidak dengan jamaah yang satu ini. Nasib malang justru menimpa seorang jamaah asal Surabaya, yang identitasnya sengaja tidak disebutkan. Dia kehilangan dompet.

Dia baru sadar ketika telah keluar dari goa Hira, tepatnya saat ia akan mengabadikan momen dengan foto bersama. "Dompet saya malah hilang," ujarnya, Rabu (13/9/2017).

"Hah? Yang benar? Kapan hilangnya?" kata teman satu kloternya.

"Tadi pas mau masuk gua Hiro masih ada," seraya menunjukkan kantong celananya, tempat di mana dompet seharusnya berada.

Kepada Okezone, dia menunjukkan kantong celananya masih rapi tertutup resleting. "Sepertinya setelah mengambil dompet dia sempat menutup resleting kantong celana saya," imbuhnya.

Tanpa ambil pusing, dia mengaku ikhlas jika dompetnya hilang. Hanya yang menjadi kendala adalah kartun-kartu. "Uang tidak seberapa," imbuhnya.

Bagi jamaah yang akan ziarah ke sejumlah wilayah Kota Suci, diharapkan tetap menjaga barang bawaannya. Jangan sampai barang berharga hilang, apalagi dokumen keimigrasian.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming