Lagi.. Rokok dan Obat Kuat Disita dari Jamaah Calon Haji
Syaiful Islam, Jurnalis · Minggu, 13 Agustus 2017 - 19:26 wib
(Koper jamaah haji. (Dok Okezone))

SURABAYA – Puluhan slop rokok dan obat kuat disita petugas bea cukai di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jatim, Minggu (13/8/2017). Rokok dan obat kuat ini diamankan dari 8 Jamaah Calon Haji kloter 51 asal Probolinggo.

Hal tersebut diketahui ketika petugas bea cukai melakukan pemeriksaan terhadap tas koper yang dibawa para jamaah ketika tiba di Asrama Haji. Petugas melakukan pemeriksaan dengan memakai mesin X Ray.

Kemudian dari ratusan koper yang telah diperiksa, petugas menemukan 8 koper yang mencurigakan. Lalu petugas membuka delapan koper tersebut. Rupanya isi dari masing-masing koper sebagian besar rokok, obat kuat dan ada beberapa baju serta sandal.

Rokok tersebut dibungkus rapi dengan kertas koran dan plester agar tidak diketahui petugas. Tetapi, petugas mengetahui dan mengeluarkan rokok-rokok dan obat kuat itu. Selanjutnya petugas memasukkan kembali dua slop rokok untuk dihisap jamaah di Tanah Suci, sementara sisanya disita.

Sebab petugas melarang jamaah calon haji membawa rokok dengan jumlah yang besar. Jamaah hanya diperbolehkan membawa rokok secukupnya yakni 2 slop.

“Setiap manasik haji, kami sudah menyampaikan agar tidak membawa rokok atau barang berlebihan. Tapi bagaimana lagi kalau sudah seperti ini,” terang Kepala Kantor Kementerian Agama Probolinggo, Santoso.

Sementara itu, salah satu jamaah calon haji yang kopernya dibongkar, Abidin, mengaku puluhan bungkus rokok itu dibawa untuk dipakai sendiri saat berada di Mekkah. Sebab dirinya merupakan perokok.

“Kalau misalnya mau dijual, akan dijual kemana, saya tidak tahu. Rokok-rokok ini saya bawa untuk merokok sendiri,” ucap Abidin. (sym)

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming