Bikin Bingung Petugas, Ini Penyebab Pita Koper Jamaah Berwarna-warni
Rani Hardjanti, Jurnalis · Minggu, 13 Agustus 2017 - 01:51 wib
(Kepala Daerah Kerja Bandara Arsyad Hidayat (Foto: Rani/Okezone))

JEDDAH - Keberadaan pita yang berwarna-warni di koper jamaah sempat membuat bingung petugas. Pasalnya, warna pita yang telah diseragamkan di setiap embarkasi pada pratiknya menjadi berwarna-warni.  

Menurut Kepala Daerah Kerja Bandara Arsyad Hidayat, ternyata di setiap lapis jenjang keberangkatan, koper jamaah diberi pita tambahan. Awalnya, pita disarankan oleh Kementerian Agama. Ternyata dari bimbingan haji, kabupaten, hingga provinsi, juga memberikan pita pembeda. Hal itulah yang membuat pita menjadi warna-warni. 

"Nah pita-pita itulah yang membuat kesulitan," ujar Arsyad, di Jeddah Sabtu 12 Agustus 2017 atau Minggu (13/8/2017) waktu Indonesia.

Baca juga: Alhamdulillah, Pelaksanaan Aturan Baru Jamaah Indonesia Berjalan Efektif

Sebelumnya, petugas sempat dibuat bingung lantaran pita di koper jamah terlalu banyak warnanya. Sehingga membuat proses pemilahan menjadi terkendala.  Selain pita, kenyataannya di lapangan, terdapat satu kloter yang harus diberangkatkan menuju hotel lebih lambat dari jadwal seharusnya.  

Hampir seluruh koper jamaah di salah satu kloter tersebut dipasangi roda dan kayu sebagai penguat. Modifikasi ini menyebabkan ukuran koper lebih besar dan tidak dapat fleksibel. Peristiwa itu sempat terjadi pada saat kedatangan jamaah gelombang pertama.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming