Alhamdulillah, Pelaksanaan Aturan Baru Jamaah Indonesia Berjalan Efektif
Rani Hardjanti, Jurnalis · Minggu, 13 Agustus 2017 - 01:45 wib
(Foto: Rani/Okezone)

JEDDAH - Penyesuaian pelaksanaan aturan baru Arab Saudi yang meminta agar proses kedatangan jamaah tidak lama di bandara berjalan dengan baik. Proses arus kedatangan jamaah berjalan efisien.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Daerah Kerja Bandara Arsyad Hidayat, saat mengevaluasi kedatangan jamaah kloter pertama gelombang kedua masa haji 2017, di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Sabtu 12 Agustus 2017 waktu Arab Saudi, atau Minggu (13/8/2017) waktu Indonesia. 

Dia menjelaskan, awal mulanya dikeluarkannya aturan tersebut dari edaran Pemerintah Arab Saudi, agar mempercepat proses kedatangan jamaah selama di bandara. Kemudian pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama, Ditjen Pelayanan Haji dan Umrah mengeluarkan edaran ke-13 embarkasi yang tersebar di Tanah Air.

Edaran itu berisikan, agar mandi ihram di embarkasi dan memakai ihram di bandara Jeddah, supaya proses kedatangan tidak terlalu lama. "Nah ternyata kloter pertama, yakni SUB 44 dan 45 sudah memakai pakaian ihrom dari Embarkasi, baik laki-laki dan perempuan. Begitu juga dengan kloter lainnya," ujarnya.

Dengan begitu, jamaah sudah mandi ihram dan mengganti baju batik menjadi baju ihram. Dari pemantauannya, proses awal, dari landing sampai semua jamaah tiba di plaza bandara memakan waktu 2 jam 15 menit.

Kemudian dari plaza sampai naik bus memakan waktu 1 jam 30 menit sampai 1 jam 45 menit. Artinya jika ditotal dari awal hingga akhir memakan waktu 4 jam 15 menit. Namun, hal ini bisa berjalan dalam kondisi bandara yang relatif tidak penuh.

Baca juga: Jamaah Haji Diminta Tetap Waspadai Virus MERS

"Ini lebih cepat dan efektif. Mudah-mudahan bisa lebih cepat dan efisien lagi," tuturnya.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming