Saat Menemukan Uang di Masjidil Haram, Apa yang Harus Dilakukan?
Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at, 11 Agustus 2017 - 12:00 wib
((Foto: Reuters))

SELALU ada beberapa kejadian yang mewarnai perjalanan para jamaah yang menunaikan ibadah haji. Termasuk kehilangan uang atau barang berharga saat beribadah.

Hal ini bisa terjadi karena pada saat yang sama, jutaan umat Islam berada di Masjidil Haram untuk melakukan serangkaian proses haji. Sehingga besar kemungkinan akan berdesak-desakan yang membuat benda yang menggantung pada tubuh, seperti tas berisi uang terjatuh tanpa disadari.

Lalu bagaimana jika Anda menemukan barang milik orang lain yang hilang? Sebagai manusia yang ingin mendapat ridho Allah SWT dan melakukan banyak kebaikan selama di Tanah Suci, mungkin Anda ingin mengambilnya dan bermaksud memberikannya kepada petugas agar barang tersebut diamankan.

Namun Kepala Bidang Humas Kementerian Agama RI, Rosidin Karidi menjelaskan norma saat menemukan uang atau barang berharga milik orang lain di Tanah Suci. Anda tidak boleh mengambilnya sembarangan.

(Baca Juga: Masya Allah, Hobi Menulis Antar Prawito 2 Kali ke Baitullah)

“Alangkah baiknya jangan diambil sendiri. Laporkan kepada petugas dan tunjukkan kalau ada barang jatuh. Jangan diambil sendiri,” jelas Rosidin saat berbincang dengan Okezone.

Rosidin menambahkan, melapor ke petugas akan lebih baik daripada mengambilnya sendiri. Meski Anda bermaksud baik dengan niat memberikannya kepada petugas. Sebab masing-masing negara memiliki aturan atau norma yang berbeda untuk satu hal yang sama.

“Kita tidak tahu persis aturan atau norma yang berlaku di sana. Berkomunikasi saja dengan petugas ketika menemukan barang hilang. Biar petugas yang mengambil dan mengurusnya,” lanjutnya.

(Baca Juga: Astaga, Jamaah Haji Bawa Kerikil dari Malang untuk Lontar Jumroh)

Lebih lanjut, banyak petugas yang akan berkeliling di sekitar area Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi. Sehingga Anda dengan mudah menemukan mereka ketika membutuhkan bantuan. Terutama ketika Anda melihat uang atau barang yang terjatuh di lantai.

“Kalau berdua, yang satu bisa menunggui dan satunya melapor. Biasanya petugas wara-wiri, sehingga mudah dilihat. Petugas yang ada di Nabawi maupun Masjidil Haram ada banyak,” jelas Rosidin.

Ada banyak jenis petugas yang bisa dihubungi jika Anda menemukan barang yang hilang. Anda bisa memberi tahu petugas keamanan atau pun petugas kebersihan yang saat itu sedang bertugas.

(Baca Juga: Obat Lambung Paling Laku di Apotik Klinik Kesehatan Haji Indonesia, Apa Maknanya?)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming