Petugas Sita Magic Jar dan Belasan Gunting dari Calon Jamaah Haji
Agregasi Solopos, Jurnalis · Jum'at, 11 Agustus 2017 - 17:56 wib
((Foto: Antara))

BOYOLALI – Petugas Asrama Haji Donohudan, Boyolali, menyita magic jar yang dibawa calon jamaah haji (calhaj) kelompok terbang (kloter) 19 asal Demak, beberapa waktu lalu. Selain itu, petugas juga mengamankan belasan gunting pemotong kuku.

Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Adi Soemarmo Solo, Badrus Salam, mengatakan petugas PPIH setiap hari memberikan sosialisasi kepada calhaj yang baru datang di asrama haji Donohudan sebelum masuk ke kamar peristirahatan.

Sosialisasi tersebut berkaitan dengan larangan barang-barang yang dibawa sebelum masuk ke Bandara Adi Soemarmo Solo. “Kami mengamankan satu magic jar yang dibawa calhaj asal Demak saat masuk ke AHD. Magic jar tersebut langsung dibawa ke kantor keamanan PPIH,” ujar Badrus, Jumat (11/8/2017).

(Baca Juga: Begini Ribet-nya Urus Koper Ribuan Jamaah Haji)

Menurut Badrus, hasil keterangan calhaj yang membawa magic jar rencananya dibawa ke Madinah untuk digunakan memasak nasi. Namun, karena barang tersebut dinilai dapat membahayakan penerbangan akhirnya disita. “Kami tidak memberikan toleransi kepada calhaj yang membawa barang-barang yang dinilai dapat membahayakan penerbangan,” kata dia.

Dia mengatakan petugas di asrama juga menemukan belasan gunting pemotong kuku yang dibawa calhaj. Sesuai aturan Kementerian Agama (Kemenag) calhaj dilarang membawa gunting.

(Baca Juga: Sempat Bikin Heboh, Tas Jamaah Berisi Uang Rp40 Juta Akhirnya Ditemukan)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming