Muassasah Arab: Kita Inginkan Haji 2017 Sehat dan Selamat
Rani Hardjanti, Jurnalis · Jum'at, 11 Agustus 2017 - 15:28 wib
(Muassasah Arab saat bertemu dengan perwakilan pantia haji Indonesia (Foto: Rani Hardjanti/Okezone))

MAKKAH - Muassasah Perhajian Arab Saudi wilayah Asia Tenggara menginginkan pelaksanaan ibadah haji khususnya Indonesia, tahun ini bisa berjalan dengan baik. Pasalnya, tahun ini jumlah jamaah haji kembali membeludak ke kuota awal.

"Kita ingin haji sehat dan selamat," ujar Chairman Muassasah Arab Saudi untuk Asia Tenggara Mohamed Amin Hasan Andergiri, Jumat (11/8/2017).

Menurutnya pelaksanaan haji tahun ini berbeda pada tahun sebelumnya. Sebab jumlahnya kembali ke kuota awal sehingga dinilai bukan tahun yang biasa. Apalagi jumlah jamaah Indonesia terbanyak di dunia.

"Dengan Indonesia bukan sebuah hubungan yang biasa. Kita sudah seperti keluarga. Apa yang menjadi kebutuhan jamaah Indonesia akan selesaikan," ujarnya yang mampu berbahasa Indonesia.

Salah satu bentuk hubungan yang baik, katanya, adalah persiapan bagi mabit jamaah Indonesia. Pihaknya sudah mengerjakan sejak 7 bulan yang lalu. "Insya Allah akan selesai dalam waktu dekat. 1 minggu lagi listrik akan kita pasang," ujarnya.

Sekadar diketahui, jumlah jamaah haji Indonesia 2017 bertambah 52.200 orang menjadi 221.000. Tahun 2016 jumlah kloter hanya 384, sekarang menjadi 507 kloter. Tahun lalu, kuota jamaah Indonesia mengalami pemangkasan karena renovasi Masjidil Haram. (ulu)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming