Alhamdulillah... Jamaah Dapat Sekotak Perbekalan saat Puncak Ibadah Haji
Rani Hardjanti, Jurnalis · Kamis, 10 Agustus 2017 - 19:12 wib
(Petugas jamaah haji. (Rani H/Okezone))

MAKKAH - Jamaah haji Indonesia akan mendapatkan 1 boks snack untuk perbekalan selama menjalani puncak haji di Arafah Musdalifah Mina (Armina). Satu kotak akan diisi oleh berbagai macam kebutuhan jamaah selama 5 hari.

Menurut Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, kebutuhan ini nantinya akan diberikan saat jamaah tiba di Padang Arafah. Ia merinci, boks snack itu isinya jus 1 kotak, 1 roti croissant, 14 sachet kopi, 1 botol kecap, 1 biskuit, 15 sachet saus sambal, 30 sachet gula, 1 mi instan kemasan cup, 6 teh celup, 1 gelas, dan 1 sendok.

"Jadi sengaja dibekali 1 botol kecap ukuran dan sambal sachet untuk menambah selera makan. Kan ada orang yang sukanya manis atau pedas," ujar Sri, saat meninjau kesiapan katering Armina, Kamis (10/8/2017).

Nantinya, lanjut wanita yang mahir berbahasa Arab itu, kotak plastik akan memudahkan jamaah di dalam tenda. Juga gelas kaca sangat bermanfaat bagi jamaah untuk membuat teh atau kopi.

"Gelasnya gambar Kakbah dan kubah Masjid Nabawi. Itu bisa dibawa pulang jadi kenangan-kenangan di Tanah Air," sambungnya.

Selain itu, selama di Armina, jamaah akan mendapatkan 15 kali makan dan 1 snack berat. Makanan akan diberikan mulai 30 Agustus malam.

"Jadi, untuk jamaah yang datang di pagi hari mohon persiapkan perbekalan berupa makan berat untuk siang hari," terang Sri.

Kasie Katering daerah kerja Makkah Evi Nuryana menjelaskan, konsumsi jamaah selama di Armina akan disuplai dari 18 perusahaan katering yang dikontrak oleh Pemerintah Indonesia. Sementara mayoritas jamaah akan dilayani 45 perusahaan yang ditunjuk oleh Pemerintah Arab Saudi, melalui Muassasah Pelayanan Perhajian Arab Saudi.

"Tapi jangan khawatir, kita sudah menempatkan panitia untuk mengontrol masakan agar menu tetap cita rasa Nusantara," tukasnya. (sym)

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming