Tiba di Makkah, Kakek Awang Senyum Lepas Minta Difoto Wartawan
Rani Hardjanti, Jurnalis · Minggu, 6 Agustus 2017 - 16:12 wib
(Awang Syahban, anggota jamaah haji asal Indonesia di Tanah Suci. (Foto: Rani Hardjanti/Okezone))

MAKKAH - Berbagai luapan emosi tampak di raut wajah para jamaah haji asal Indonesia yang baru saja tiba di Tanah Suci, Kota Makkah. Kebanyakan dari mereka terisak haru mendengar Salawat Badar yang menggema di lobi hotel, sebagai sambutan kedatangan.

Namun di antara suasana haru biru, ada seorang kakek yang terus melepaskan senyum. Kakek dari Embarkasi Medan tersebut, turun bus dibantu oleh petugas dan duduk di lobi Hotel Royal Makkah, Sisya, Sektor 6, Kota Makkah.

Sang Kakek mendapat perhatian lebih dari Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), karena dia berangkat haji seorang diri. Dia yang berbalut kain ihram dikerubuti oleh tim kesehatan untuk mengetahui kondisi terkini setelah mengikuti perjalanan jauh selama 6 jam dari Madinah ke Makkah.

Para wartawan pun ikut mengerubuti kakek untuk mengetahui kondisi kesehatan terkini. "Kakek, namanya siapa?" tanya seorang wartawan.

Sang Kakek pun menunjukan tas selempangnya yang bertuliskan nama "Awang Syahban". Di tasnya itu terdapat sejumlah nomor telefon Indonesia. "Kakek minum dulu ya," kata salah satu pertugas katering sambil memberikan jus.

Kakek tampak menikmati jus, giginya terlihat sudah ompong. Awang terlihat berusaha menyedot perlahan, sementara petugas pun membantu agar tidak tumpah.

Lalu Kakek Awang menyeletuk, "Jangan, biar saya habiskan, (biar tidak) mubazir."

Petugas pun tertawa. Setelah dicek petugas, sang kakek memang membawa kantong plastik yang isinya makanan ringan yang sengaja dikumpulkan, agar tidak terbuang. Wartawan pun kembali bertanya, "Kakek usianya berapa?"

"Saya usia 72 itu di KTP. Kalau aslinya saya 75," tutur Kakek Awang sambil diserbu kamera.

Setelah selesai minum, petugas pun berusaha membantu kakek Awang ke kamar. Namun Kakek Awang berontak, "Jangan kau halangi aku. Ini lagi difoto sama wartawan," kata dia.

Sontak pernyataan itu membuat para petugas tertawa lepas. Para juru kamera pun kembali mengambil gambar Kakek Awang.

Kemudian, Ka SubSie KKHI Mekkah dr M Yanuar Fajar SpP⁠,⁠ menyahuti Kakek Awang, "Iya, ya Kek, nanti biar kakek masuk koran. Foto kakek di halaman depan." Kakek Awang pun terlihat tertawa lepas dengan deretan giginya yang kosong. (abp)

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming