Waspada Berita Hoax saat Pelaksanaan Haji 2017!
Rani Hardjanti, Jurnalis · Senin, 17 Juli 2017 - 19:03 wib
(Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama Mastuki)

JAKARTA - Tingginya pengguna media sosial belakangan ini menyisakan fenomena maraknya berita bohong atau berita hoax. Informasi yang tidak tepat tersebut bisa saja mewarnai pelaksanaan haji 2017.

Yang menjadi persoalan adalah jika berita yang belum tentu benar kejadiannya maupun kevalidan waktu peristiwanya, bisa menimbulkan kepanikan pihak keluarga jamaah haji yang berada di Tanah Air. Tentunya informasi tanpa konfirmasi bisa merugikan.

Mengantisipasi fenomena tersebut, Kepala Pusat Informasi dan Humas (Pinmas) Kementerian Agama Mastuki menyarankan agar keluarga jamaah untuk tidak panik dalam menerima informasi yang belum jelas kebenarannya. Keluarga di Tanah Air bisa melakukan pengecekan melalui fasilitas Call Center Haji 2017.

"Itulah pentingnya call center. Itu layanan yang diberikan pemerintah tahun ini," ujarnya saat memberikan pembekalan haji kepada Media Center Haji (MCH), di Gedung Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2017).

Tahun ini, Kantor Teknis Haji (STH) Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah membuka layanan call center, SMS, dan WA center untuk penyelenggaraan ibadah haji 1438H/2017M.

Untuk call center di nomor 9200 1 3210, sedang untuk SMS dan WA center di nomor 050 35000 17.

Kedua nomor tersebut diharapkan dapat menjadi media komunikasi antara jamaah dengan petugas bila ada kebutuhan layanan. Begitu juga bagi orang lain saat mengetahui keberadaan jamaah yang membutuhkan layanan.

Informasi dari jamaah, nantinya akan segera diproses oleh tim call center dan didistribusikan kepada para tenaga musiman (temus) setelah dilakukan konfirmasi kepada yang bersangkutan.

Proses penyelesaian masalah juga akan dipantau melalui alat komunikasi sejenis Walkie Talkie (Bravo) dan tracking petugas melalui aplikasi Siskoppih (Sistem Informasi dan Komunikasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji). Aplikasi ini sudah tersedia dan bisa di-download di playstore.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming